Home / Berita / Nasional / Walikota Tri Rismaharini Klaim Surabaya Jadi Zona Hijau

Walikota Tri Rismaharini Klaim Surabaya Jadi Zona Hijau

DETEKTIFNEWS.com: Beduar Sitinjak

SURABAYA-Berkat kerja sama yang baik memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, kini Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengklaim wilayahnya telah menjadi zona hijau virus corona (Covid-19). Namun, data Pemprov Jawa Timur menyatakan Surabaya masih zona merah dengan tingkat risiko tinggi.

“Dimana kondisi Surabaya sudah zona hijau yang artinya penularannya kita sudah rendah. Lalu yang sembuh sudah banyak,” kata Risma mengutip siaran pers, Senin (3/8/2020).

Wali Kota Tri Risma mengatakan, kondisi Surabaya sudah lebih baik dari sebelumnya. Hal itu kata dia berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa wilayah Surabaya tingkat penularannya sudah menurun dengan kesembuhan yang kian meningkat.

Dengan menunjukkan peta, Risma juga mengatakan, bahwa area akses Gunung Anyar yang dilakukan pemblokiran lokal ke arah Pondok Candra akan dibuka. Hal itu penting dilakukan supaya masyarakat dapat mengaktifkan kembali usahanya. Namun, ia juga berharap kepada warga di sana agar lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saya membuka ini supaya masyarakat bisa aktif kembali dengan usahanya. Jadi mohon untuk dipatuhi jangan terjadi hal yang tidak diinginkan,” anjurnya.

Bahwa Risma juga memastikan bakal terus mengembangkan protokol kesehatan yang sudah ada. Misalnya membuat protokol di bengkel, serta kawasan perdagangan. Oleh karena itu, Presiden UCLG Aspac ini akan membagikan peralatan-peralatan baik di pasar maupun pertokoan.

“Kita Akan tata itu. Saya beri tirai plastik, nampan untuk transaksi. Kemudian wastafel di titik-titik keramaian. Saya berharap nanti kita bisa menata pasar sperti pasar-pasar yang lain,” ujarnya.

Klaim Risma tentang Surabaya telah menjadi zona hijau berbeda dengan paparan data milik Pemprov Jatim yang diunggah di situs infocovid19.jatimprov.go.id.

Berdasarkan data Pemprov Jatim per Minggu (2/8) tercatat ada 8.756 positif di Kota Surabaya dan 2.219 suspek. Sebanyak 5.381 pasien dirawat, 2.599 pasien sembuh dan 776 meninggal dunia.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Polda Jatim Sikapi Pencegahan Paham Radikalisme dan Intoleransi

SURABAYA-Dalam hal ini Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H, M.H didampingi Pejabat ...