Home / Hukrim / Jaksa Telusuri Dugaan Korupsi BRI Manukan, Bakal Ada Tersangka Baru

Jaksa Telusuri Dugaan Korupsi BRI Manukan, Bakal Ada Tersangka Baru

DETEKTIFNEWS.com:Beduar Sitinjak

SURABAYA-Kejari Surabaya terus telusuri peran sejumlah pihak yang terlibat dalam kasus korupsi Kredit Modal Kerja (KMK) BRI Kantor Cabang Surabaya Manukan Kulon sebesar Rp 9,5 miliar, yang saat ini telah disidangkan di Pengadilan Tipikor Surabaya.
Kasi Pidsus Heru Kamarullah mengatakan, tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka baru dalam kasus tersebut.

“Nanti akan ketahuan siapa saja yang harus bertanggung jawab. Apakah hanya empat orang yang sekarang sudah dijadikan terdakwa dan sudah didudukkan di kursi persidangan, atau mungkinkah ada tersangka baru. Kami akan terus melihat fakta persidangan,” ungkap Kasi Pidsus Heru Kamarullah saat dikonfimasi media, Selasa (31/12/2019) usai jumpa Pers pencapaian kinerja Kejari Surabaya.

Menurutnya, apa yang sudah dilimpahkan ke persidangan, bukan berarti selesai disini saja. Sebab, sepanjang ditemukan dua alat bukti yang cukup bakal tetap ada tersangka baru.
“Buktinya, masih ada satu lagi (tersangka) yang dalam proses,” ujarnya.

Terkait perintah anggota majelis hakim Tipikor Kusdarwanto agar pimpinan BRI Manukan bertanggung jawab sebab telah membuka celah bagi terdakwa Lanni Kusumawati Hermono dkk bisa melakukan kredit fiktif, Heru menjawab, apa yang disampaikan hakim bukan penetapan, namun hanya sebatas pendapat semata.

Untuk diketahui, ke empat terdakwa mereka adalah, Nanang Lukman Hakim, mantan Associate Account Officer (AAO) BRI Manukan serta tiga debitur fiktif yaitu, Lanny Kuumawati, Agus Siswanto dan Yano Oktafianus.

Terdakwa dugaan korupsi, JPU mendakwa ke empat terdakwa dengan Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 juncto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaiman telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Hakim Vonis 18 Bulan Terdakwa Oscar Penista Agama 

SURABAYA, {DETEKTIFNEWS.com}-Sidang terbuka untuk umum diruang sidang tirta satu dengan agenda putusan terhadap terdakwa penista ...