Home / Hukrim / Kuasa Hukum  Oey Juliawati: Dakwaan Jaksa Kabur Perkara Pencemaran Nama Baik
Kuasa hukum terdakwa saat membacakan eksepsi dalam persidangan

Kuasa Hukum  Oey Juliawati: Dakwaan Jaksa Kabur Perkara Pencemaran Nama Baik

SURABAYA, {DETEKTIFNEWS.com}-Persidangan terhadap terdakwa Oey Juliawati Wijaya Selaku Investor PT.NEO (Nusantara Era Optima) Jalan Arjuna No 142A-C Surabaya, Usaha milik Meliayana memasuki agenda pengajuan Eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang di anggap tidak tepat oleh Pengacara Terdakwa yakni Arif Agus Nindito,SH,M.Hum, Saat digelar diruang sidang sari 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Rabu,(12/6).

Perkara ini bermula akibat saling lapor terkait investasi modal usaha, Dimana sebelumnya terdakwa Juliawati awalnya melaporkan Meliyana,SE Dan Anastasia Utama di Polrestabes Surabaya dengan laporan polisi nomor STTLP/K/712/V/2015/SPKT/JATIM/Restabes Sby tanggal 18 Mey 2015 atas tuduhan dugaan penggelapan uang dan barang berupa peralatan kantor.

Dimana, Seiring waktu ketika kerja sama berjalan dengan perjanjian di Kantor notaris Rina Rustianing Warni, SH di jalan Ngagel Dadi I No 25 Surabaya, Selanjutnya, Saat kerja sama tidak berjalan lagi namun segalan peralatan kantor senilai ratusan juta rupiah saat itu masih berada dikantor milik meliyana.

Sehingga, Akibat meliyana dan anastasia yang di panggil polisi sebagai tersangka, lalu meliyana mengajukan Pra Peradilan terhadap polisi dengan nomor perkara 43/Praper/2016/PN. SBY yang pada akhirnya diputus pada tanggal 19 September 2016 dengan amar putusan : Mengabulkan permohonan Para Pemohon untuk seluruhnya, Menyatakan Penetapan Pemohon I dan II sebagai tersangka oleh Termohon berdasarkan LP Nomor LP/K/712/V/SPKT/JATIM RESTABES SBY tidak sah.

Lalu, Meliyana setelah ditetapkan PN Surabaya status tersangkanya di bebaskan, Selanjutnya meliyana sendiri melaporkan kembali juliawati ke Polda Jatim dengan tuduhan pencemaran nama baik atau penghinaan akibat laporan juliawati sebelumnya di Polrestabes atas tuduhan penggelapan, Kendati dalam laporan juliawati saat itu bukan bermaksud mencemarkan nama baik melainkan terkait penggelapan sesuai maksud dalam eksepsi pengacara juliawati terhadap dakwaan jaksa.

Lebih lanjut, Pada pembacaan eksepsi yang di sampaikan Arif selaku kuasa hukum terdakwa, “JPU dinilai tidak jelas menguraikan perbuatan materil atau fakta perbuatan sebagaimana dimaksud dalam surat dakwaan, karenanya surat dakwaan jaksa haruslah dinyatakan batal demi hukum”. Jelas arif pengacara senior.

Arif menambahkan, Bahwa selain itu juga berharap terhadap majelis hakim, karena dakwaan jaksa keempat juga harus menguraikan perbuatan kliennya terkait ” Dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan suatu hal, yang maksudnya terang supaya diketahui umum”. Jelasnya dalam surat eksepsi.

Arief kuasa hukum terdakwa Oey memberi keterangan pada media

Dalam pembacaan eksepsi selanjutnya, kuasa hukum Oey Juliawati yakni Arief Agus Nindito juga menyampaikan pendapat ahli yaitu M Yahya Harahap tentang pembahasan dan penerapan KUHAP seperti dakwaan tidak dapat diterima, “Bahwa yang didakwakan bukan merupakan tindak pidana kejahatan atau pelanggaran, umpanya terdakwa didakwa melakukan tindak pidana pencurian padahal barang yang diambilnya itu adalah miliknya sendiri bukan milik orang lain sehingga dalam perbuatan terdakwa tidak ada unsur melawan hukumnya”. Pendapat ahli hukum yang disampaikan pengacara terdakwa.

Terpisah, Pada akhir selesainya sidang arief menyampaikan serta mengingatkan kembali atas maksud eksepsinya terkait laporan kliennya pada perkara sidang lalu dengan hakim berbeda, ketika di wawancarai wartawan pengadilan dalam ruamg sari,

“Bagaimana mungkin klien saya (Terdakwa oey) membuat laporan palsu atau fitnah, padahal laporan itu oleh majelis hakim yang menangani perkara tersebut dinyatakan terbukti meskipun oleh majelis hakim perbuatan tersebut bukan lah perbuatan pidana, jaksa hanya menguraikan petitum kedua melepaskan dari segala tuntutan padahal hakim sudah mengatakan terbukti”. Jelas pengacara terdakwa oey terkait perkara meliyana sebelumnya yang dinyatakan hakim terbukti. {Jhon/Jack}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Kapolda Sumut: Pembunuh Aktivis di Labuhan Batu 5 Tersangka Ditahan 3 Buron

MEDAN, {DETEKTIFNEWS.com}-Tim gabungan Jatanras Polda Sumatera Utara (Sumut) dan Satreskrim Polres Labuhanbatu kembali menangkap tiga ...