Home / Hukrim / Lima Anggota DPRD Tapteng, Ditetapkan Jadi Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi
Kabid Humas Poldasu Kombespol Tatan Dirsan Atmaja saat memberi keterangan terhadap Pers

Lima Anggota DPRD Tapteng, Ditetapkan Jadi Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi

Laporan Redaksi: Beduar Sitinjak, SH

MEDAN, {DETEKTIFNews.com}-Sebanyak Lima Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara menjadi tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan anggaran Perjalanan Dinas Luar Daerah Tahun Anggaran 2016-2017.

Hal itu diketahui berdasarkan Press Release Polda Sumut yang beredar hari ini, Jumat 21 September 2018. Diterangkan, dalam kasus tersebut berawal pada tahun 2016-2017. TKP nya di kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah, di Jl Raja Junjungan Lubis No 8 Pandan.

Modus operandi yang dilakukan kelima tersangka, dengan menggunakan bukti pembayaran hotel/Bill yang diduga fiktif/mark up sebagai pertanggungjawaban atas perjalanan dinas luar daerah TA 2016 dan 2017 dalam kegiatan konsultasi, kunjungan kerja dan bimbingan teknis . Dalam hal ini, Negara dinilai telah dirugikan.

Penyidik Polda Sumut terkait kasus ini telah memeriksa sebanyak 49 orang saksi, terdiri dari 5 orang PNS secretariat DPRD Tapteng, 44 orang managemen hotel, baik yang ada di Medan, Samosir, Tarutung, Jakarta, bandung dan Manado, yang Bill nya digunakan kelima tersangka.

Kelima anggota DPRD Tapteng masa jabatan 2015-2020 yang dijadikan tersangka tersebut yakni inisial AS, SG, HN, JS dan JS.

Sementara, barang bukti yang disita polisi yakni, 216 lembar surat perintah perjalanan dinas (SPPD), 216 lembar tanda terima uang, 248 lembar Bill dari berbagai hotel yang diduga fiktif/mark up, buku register SPPD tahun 2016 dan 2017, buku register Surat Perintah tahun 2016 dan 2017.

Kelima tersangaka diancam pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 UU RI Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Sidang Terdakwa Pasutri Dilanjutkan, Oenik Djunani Berikan Kesaksian Dimuka Persidangan

SURABAYA-Terdakwa Pasutri Liem Inggriani dan Liauw Edwin Januar Laksomono kembali digelar dengan agenda keterangan saksi ...