Kapal Pesiar MV. Viking Mars Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak dan Rombongan Kunjungi Tempat Wisata

0
37

SURABAYA-Kapal pesiar MV. Viking Mars bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak tepatnya di Dermaga Terminal penumpang Gedung Gapura Surya Nusantara (GSN) pada Jumat pagi hari ini (9/12/22). Kapal yang memiliki GRT (Gross Tonnage) 47.842 Ton dan LOA (Length Over All) 228 meter ini, sebelumnya telah melakukan sandar di Dermaga Samudera 01 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Kamis pukul 07.30 pagi.

Danny Rahman Agustian, General Manager Kalimas dan GSN PT Pelindo Sub Regional Jawa, kepada media menjelaskan, Kapal pesiar MV. Viking Mars ini yang pertama datang ke Pelindo Regional Jawa serta hadir di kota Surabaya sejak pandemi Covid-19. Dan sebanyak 1.500 rombongan wisatawan yang turun untuk melakukan kunjungan ke beberapa tempat wisata, di pandu tour agent dan ada yang city tour di kota Surabaya.

“Seluruh wisatawan ini akan berkeliling ke sejumlah spot maupun objek wisata, dan paling jauh adalah ke Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Sedangkan kunjungan city tour di Surabaya, diajak berkunjung ke Balai Kota, Kayoon, dan Patung Jogo Dolok. Juga terfavorit adalah Hotel Majapahit,” rinci Danny.

Kata Danny, Sejak pandemi Covid-19. Sebelumnya diagendakan dua kapal pesiar yang seharusnya sandar pada November silam. Namun dua kapal tersebut urung berkunjung ke Surabaya. Untuk selama bulan Desember ini akan ada dua kapal pesiar asing lagi yang sandar, yang nantinya tanggal 14 dan 20 Desember.

Diharapkan dalam bersinergi bersama sejumlah spot pariwisata untuk perputaran ekonomi pasca-pandemi, untuk tahun 2023 akan banyak slot sandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sebenarnya sudah memenuhi target dan yang sudah booking slot sandar di pelabuhan Tanjung Perak. sementara ini, sekitar 16 kapal pesiar asing yang akan masuk dan itu sudah melebihi target, terangnya.

“Usai sandar dari Tanjung Perak MV. Viking Mars sampai pukul 17.00 WIB. Akan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Benoa, Pulau Dewata Bali”, sebut Danny.

Hernadi Tri Cahyanto Kepala Syahbandar Utama (KSU) Tanjung Perak saat di konfirmasi mengatakan, memang Kapal pesiar MV. Viking Mars yang pertama kali sandar di Pelabuhan Tanjung Perak dan sebelumnya ada dua Kapal yang tidak jadi bersandar.

“Kapal pertama kali sandar dengan protokol yang di cek oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), sehingga penumpangnya juga di perbolehkan untuk turun. Jika setelah turun juga masih kita cek suhu penumpang Kapal MV. Viking Mars. Jika tidak memenuhi Ketentuan di kembalikan masuk Kapal.” Tuturnya.

“Dengan datangnya Kapal pesiar ini, kami menyambut sangat ramah serta di lengkapi tradisi kesenian kas reog yang ada di Jawa Timur. Dan disuguhkan juga beberapa produk hasil kerajinan yang ada, mudah-mudahan kunjungan ini, bisa meningkatkan perekonomian Jatim.” Harap Hernadi. {B. Sitinjak}