DPR RI Setujui Jenderal Andika Perkasa Menjadi Panglima TNI

0
6

JAKARTA– DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia)  kembali melaksanakan rapat paripurna ke-9 di tahun sidang 2021 untuk menerima laporan dari Komisi I DPR RI mengenai uji kelayakan dan kepatutan Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Senin (8/11).

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid melaporkan secara langsung hasil dari uji kelayakan dan kepatutan tersebut di sidang paripurna dengan pembahasan tunggal ini.

“Komisi I DPR sudah mendapatkan penugasan dari rapat konsultasi pengganti rapat Bamus tertanggal 3 November 2021, untuk membahas pemberian persetujuan untuk pemberhentian serta pengangkatan panglima TNI sebagaimana surat presiden yang sudah disampaikan kepada DPR RI,” kata Meutya.

Meutya menjelaskan, Komisi I DPR RI memutuskan menyetujui penghentian dengan hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasi terhadap dedikasinya.

Meutya juga memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

“Perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan calon Panglima TNI tentang pemberhentian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan menetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?” tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat Paripurna DPR-RI, Senin (8/11).

Seluruh anggota DPR RI yang hadir menyatakan setuju akan pemberhentian secara hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, dan pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sebelumnya, Komisi I sudah menguji kelayakan dan kepatutan Jenderal Andika Perkasa pada Sabtu (6/11), dengan mendengarkan visi misi, dan setiap fraksi Komisi I diberikan waktu untuk bertanya kepada Andika. {Red}