Connect with us

Nasional

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Kapolri: Bersatu dan Gotong Royong Melawan Covid19

Published

on

 

JAKARTA-Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengajak seluruh elemen masyarakat untuk Bersatu dan Bergotong Royong Melawan dan Memerangi Pandemi Covid19 dewasa ini.

Kapolri menuturkan, semangat gotong royong itu, merupakan salah satu bentuk me-Refleksi-kan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021.

Dengan bergandengan tangan melawan Covid19, hal tersebut merupakan wujud Generasi Penerus Bangsa saat ini untuk melanjutkan semangat “Founding Fathers Indonesia” terkait dalam merumuskan Pancasila sebagai Idiologi Bangsa ketika itu.

” Menanamkan nilai Pancasila di tengah Pandemi Covid19 dapat dilakukan dengan Gotong Royong, Bersatu dan Bergandengan Tangan sebagaimana butir ke Tiga Pancasila “Persatuan Indonesia” dalam melawan dan memerangi Pandemi Covid19 yang saat ini sedang dihadapi oleh Indonesia khususnya dan Dunia pada umumnya,” tutur Listyo Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa 1 Juni 2021.

Menurut Kapolri, Pancasila adalah merupakan Kepribadian dan Pandangan Hidup Berbangsa, bahkan menjadi landasan yang Kuat dan Kokoh untuk masyarakat dengan pemerintah agar bersatu menghadapi tantangan yang terjadi saat Pandemi Covid19 ini.

” Tingginya semangat Persatuan dan Kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan Pemerintah, maka dapat terwujud Indonesia yang Tangguh, ketika menghadapi Virus Corona saat ini,” ujar Sigit.

Selain itu, mantan Kapolda Banten menyatakan, dengan adanya Persatuan itu, makaEefek Domino yang dihasilkan dari Pandemi Covid19, mulai dari Perekonomian dan Kehidupan Sosial dapat teratasi dengan baik.

Maka menurut Kapolri, Refleksi Hari Lahir Pancasila saat ini, juga dapat di implementasikan dengan Kesadaran dan Kedisiplinan dari masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan. Disamping itu, masyarakat harus memberikan dukungan seluruh dari kebijakan pemerintah dalam rangka untuk memutus mata rantai Virus Corona tersebut.

” Kedisplinan Protokol Kesehatan itu dapat menjadi kunci untuk Indonesia segera bisa keluar dari Pandemi Covid19. Dukungan dari masyarakat untuk turut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan PPKM Mikro, Vaksinasi Nasional serta Penguatan 3M dan 3T, juga bisa menjadi bentuk Nasionalisme atau wujud Kecintaan terhadap Pancasila tersebut,” papar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Adanya ke Gotong-royongan oleh masyarakat dan Pemerintah itu, dapat memerangi Covid19, maka akan terwujud Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh. Sebagaimana tema Hari Lahir Pancasila 2021 yang diusung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tahun ini,” pungkas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. {Bts/JAcK}

Nasional

Dana Murni Mahasiswa, FH Wijaya Kusuma Adakan Bansos Ke-Warga Domas

Published

on

By

SURABAYA-Seiring adanya anjuran Pemerintah pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Demi memutus mata rantai virus Covid 19 di seluruh Indonesia, dengan keperdulian Sejumlah mahasiswa dari Kampus Wijaya Kusuma (WK) Jalan Dukuh Kupang XXV no 54 Surabaya, telah mengadakan kegiatan Bantuan Sosial (Bansos) kepada warga desa Domas kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Giat hari ini, sebanyak 14 orang dari jurusan Fakultas Hukum Wijaya Kusuma, Dengan ketua tim Anggita Dwi Santoso angkatan 2018 memberikan bantuan tersebut terhadap masyarakat.
Mahasiswa melakukan itu dengan tujuannya dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) maupun bansos ini untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam Kegiatan acara dilakukan secara rutin tiap tahun di kampus Wijaya Kusuma dan acak untuk tempat tempatnya,” ungkap Anggita didampingi tim mahasiswa, Selasa, (3/8/2021).

Ketua tim Anggita kepada Wartawan menyampaikan, Bentuk bantuan paket sembako berupa Beras 1,5 kg, Teh 1 kotak, Minyak Goreng 1 botol, Mie instan dan Gula maupun Masker, Dimana, Dana bantuan ini murni dari iuran mahasiswa fakultas Hukum angkatan 2018, masing masing sebanyak Rp 300 – 350 ribu setiap mahasiswa, Dengan harapannya semoga pandemi covid 19 dapat berakhir dan ekonomi masyarakat bisa kembali normal.

Tim mahasiwa Fakultas Hukum Wijaya Kusuma saat membagikan Bansos.

Sementara , Sri Retnowati selaku Kepala desa Domas, Kecamatan Menganti menyambut baik kegiatan mahasiswa hukum dari Wijaya Kusuma.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan KKN Dan bansos mahasiswa fakultas Hukum Wijaya Kusuma, desa juga menerima dengan tangan terbuka dan semoga kegiatannya di desa Domas bermanfaat bagi warga yang membutuhkan serta berjalan lancar” ujar Lurah Domas menyampaikan rasa syukurnya di Lokasi yang sama.

Tambah Lurah Domas, Bahwa harapannya mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan dengan sebaik baiknya dan apa yang di cita citakan dapat terkabul.

Usti salah satu warga RT 6 Domas yang menerima sembako menyampaikan, merasakan sangat bersyukur atas bantuan dari mahasiswa fakultas Hukum Wijaya Kusuma.

“Saya sebagai masyarakat sangat bersyukur dan terimakasih kepada mahasiswa Wijaya Kusuma saat pandemi ini kami bisa dapat bantuan,” ucap warga Domas. {JAcK}

Continue Reading

Nasional

Perpanjang Kebijakan PPKM Level 4 dan 3  Jawa-Bali, Ini Daerahnya

Published

on

By

JAKARTA-Perpanjangan PPKM Level 4 di sejumlah daerah di Indonesia itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan 28 Tahun 2021. Dikutip Salinan Inmendagri itu dari Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA, Senin (2/8/2021).

Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 3 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 9 Agustus 2021.

Berikut daftar daerah di RI yang menerapkan PPKM level 4 dan 3.

DKI Jakarta
Level 4
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
Kota Administrasi Jakarta Barat
Kota Administrasi Jakarta Timur
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Kota Administrasi Jakarta Utara
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Banten

Level 4
Kota Tangerang Selatan
Kota Tangerang
Kabupaten Pandeglang
Kabupaten Tangerang
Kota Cilegon

Level 3
Kabupaten Serang
Kabupaten Lebak
Kota Serang

Jawa Barat

Level 4
Kabupaten Kuningan
Kabupaten Indramayu
Kabupaten Garut
Kabupaten Subang
Kabupaten Purwakarta
Kabupaten Bekasi
Kota Sukabumi
Kota Depok
Kota Cirebon
Kota Cimahi
Kota Bogor
Kota Bekasi
Kota Banjar
Kota Bandung
Kabupaten Sumedang
Kabupaten Bogor
Kabupaten Bandung Barat
Kabupaten Bandung

Level 3
Kabupaten Sukabumi
Kabupaten Pangandaran
Kabupaten Majalengka
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Cianjur
Kabupaten Ciamis
Kabupaten Karawang
Kota Tasikmalaya

Level 2
Kabupaten Tasikmalaya

Jawa Tengah

Level 4
Kabupaten Pemalang
Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Magelang
Kabupaten Sukoharjo
Kabupaten Rembang
Kabupaten Klaten
Kabupaten Kebumen
Kabupaten Banyumas
Kota Tegal
Kota Surakarta
Kota Semarang
Kota Salatiga
Kota Magelang
Kabupaten Wonosobo
Kabupaten Wonogiri
Kabupaten Sragen
Kabupaten Semarang
Kabupaten Purworejo
Kabupaten Kendal
Kabupaten Karanganyar
Kabupaten Demak
Kabupaten Batang
Kota Pekalongan

Level 3
Kabupaten Purbalingga
Kabupaten Jepara
Kabupaten Cilacap
Kabupaten Brebes
Kabupaten Boyolali
Kabupaten Blora
Kabupaten Grobogan
Kabupaten Tegal
Kabupaten Pati
Kabupaten Temanggung
Kabupaten Kudus
Kabupaten Banjarnegara

Yogyakarta

Level 4
Kabupaten Sleman
Kabupaten Bantul
Kota Yogyakarta
Kabupaten Kulonprogo
Kabupaten Gunungkidul

Jawa Timur

Level 4
Kabupaten Kediri
Kabupaten Sumenep
Kabupaten Tulungagung
Kabupaten Sidoarjo
Kabupaten Madiun
Kabupaten Lamongan
Kabupaten Gresik
Kota Surabaya
Kota Mojokerto
Kota Malang
Kota Madiun
Kota Kediri
Kota Blitar
Kota Batu
Kabupaten Trenggalek
Kabupaten Ponorogo
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Nganjuk
Kabupaten Mojokerto
Kabupaten Malang
Kabupaten Magetan
Kabupaten Lumajang
Kabupaten Jombang
Kabupaten Bondowoso
Kabupaten Blitar
Kabupaten Banyuwangi
Kabupaten Bangkalan
Kota Probolinggo
Kota Pasuruan
Kabupaten Situbondo

Level 3
Kabupaten Sampang
Kabupaten Pasuruan
Kabupaten Pamekasan
Kabupaten Pacitan
Kabupaten Probolinggo
Kabupaten Tuban
Kabupaten Jember
Kabupaten Bojonegoro

Bali

Level 4
Kabupaten Jembrana
Kabupaten Bangli
Kabupaten Karangasem
Kabupaten Badung
Kabupaten Gianyar
Kabupaten Klungkung
Kabupaten Tabanan
Kabupaten Buleleng
Kota Denpasar
{Red}

 

Continue Reading

Nasional

Nakes Kodiklatal Adakan Kegiatan Vaksinasi di Terminal GSN Pelindo III

Published

on

By

SURABAYA-Sebanyak 91 tenaga kesehatan (Nakes) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dikerahkan untuk mendukung kegiatan serbuan vaksin yang digelar di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelindo III Surabaya (26/7).

Kegiatan vaksinasi kali ini menyasar masyarakat maritim, khususnya karyawan atau buruh yang bekerja di sekitar pelabuhan Gapura Surya Nusantara. Dalam vaksin pertama ini, targetnya adalah 1.300 orang dapat divaksin dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Vaksinasi yang dilaksanakan dalam satu hari tersebut, ditinjau secara langsung oleh Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan Direktur Utama (Dirut) Pelindo III Boy Robiyanto serta para pejabat utama masing- masing institusi tersebut.

Tenaga kesehatan yang dilibatkan terdiri dari 84 orang prajurit siswa Dikmata, Dikmaba dan Dikmapa PK TNI AL serta tujuh orang nakes dari Satkes Kodiklatal.

Tujuan dari pelaksanaan vaksin ini adalah untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai herd imunity di kalangan masyarakat Indonesia, sehingga Pandemi Covid-19 dapat segera diakhiri. {JAcK}

 

Continue Reading

Trending