Connect with us

Nasional

Kapolri Dukung Program Pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi

Published

on

JAKARTA-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan dukungan terkait dengan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), dalam rangka mewujudkan cita-cita program pemerintah untuk penguatan ruang digital di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Sigit saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate di Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 4 Mei 2021.

” Oleh karena itu, kami siap dukung seluruh program Menkominfo dalam rangka membangun infrastruktur TIK sehingga segera terwujud, bisa segera memberi pelayanan seluruh masyarakat baik yang ada diwilayah yang jauh. Sehingga kemudian memiliki kemampuan yang sama, Fasilitas sama, seperti masyarakat yang ada di wilayah Perkotaan,” titur Sigit usai audiensi Menkominfo.

Sigit menjelaskan, kebutuhan Teknologi dewasa ini memang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat luas. Apalagi, ditengah terjadinya Pandemi Covid19 atau virus corona.

Menurut Sigit, di tengah Pandemi, kebiasaan masyarakat yang tadinya Off Line bakal akan beralih ke pelayanan Online. Oleh Sebab itu, diperlukan penguatan ruang di Gital dengan pembangunan infrastruktur TIK yang memadai.

Dengan beralihnya ke Online, maka diharapkan seluruh pelayanan masyarakat diberbagai Sektor dapat terpenuhi dan membantu masyarakat dalam beraktivitas.

” Kami pun juga tahu, bahwa ini menjadi kebutuhan kami bersama. Apalagi seluruh Negara saat ini sedang hadapi situasi Pandemi Covid19, sehingga terkait dengan kebutuhan masyarakat untuk kemudian menyesuaikan, untuk membiasakan, dari yang biasa Off Line jadi ke Online, ini tentunya menjadi satu kebutuhan yang harus didukung dengan kemajuan Teknologi Informasi, baik di Dunia Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, dan hal lain yang tentu mau tidak mau, harus ada penyesuaian,” ujar Sigit.

Sementara itu, Menkominfo, Johnny G. Plate mengungkapkan, pihaknya akan bantu melengkapi pembangunan infrastruktur itu ke seluruh Indonesia di 83.548 Desa dan Kelurahan dengan kehadiran asignal 4G tersebut.

Maka, Kominfo memerlukan peran Polri dalam kaitan Pembangunan Infrastruktur TIK di wilayah 3 T, yaitu melalui BLU Bakti Kominfo.

” Tentu dalam Pembangunan itu ada banyak kerjasama yang harus dibangun, baik lintas Kementerian Lembaga maupun dengan rekan sahabat Pemerintah Daerah dan Ekosistemnya,” ujar Johnny.

Dengan kerjasama itu, Johnny meyakini bahwa Pembangunan Infrastruktur tersebut bakal lebih berjalan baik dan maksimal. Oleh Sebab itu, beliau berharap, Polri mampu mengerahkan Jajarannya dalam hal itu.

” Secara khusus tentunya, kominfo sangat berharap bahwa dukungan personel yang kuat yang dimiliki Polri yang tersebar di seluruh Wilayah Tanah Air, ya bisa menjadi modal kuat dalam Kolaborasi TIK untuk kepentingan masyarakat dan Rakyat Indonesia, kita tidak bisa hindari, bahwa kebutuhan Infrakstruktur TIK semakin tinggi, bahkan semakin diperlukan oleh masyarakat,” pungkas Johnny.  {Bts/BS}

Nasional

DPD PAN Memuji Kinerja Wabup. Kab. Blitar Dapat Tambahan Vaksin dari Pemerintah

Published

on

By

Wakil Bupati Blitar Rachmad Santoso Ketika Suntik Vaksinasi Covid-19.

BLITAR-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Blitar memuji upaya Pemkab Blitar dalam menjalankan program vaksinasi covid-19. Salah satunya berhasil mendapatkan tambahan vaksin dari pemerintah pusat.

“PAN Kabupaten Blitar mendukung program vaksinasi oleh pemerintah, sebagai upaya pemulihan kondisi masyarakat yang terdampak akibat pandemi covid-19,” ungkap Ketua DPD PAN Kabupaten Blitar, Susi Nurulita Kumala Dewi disela Kegiatan Konsolidasi dan Bedah Dapil DPD PAN Kabupaten Blitar bersama DPW PAN Jatim, Kamis 3 Juni 2021.

Selain hal tetsebut, Susi mengapresiasi kinerja Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso yang sudah mengupayakan Kabupaten Blitar mendapatkan vaksin covid-19 tahap II melebihi daerah lain.
Pemerintah Kabupaten Blitar mengajukan 50 ribu vaksin astrazeneca ke pemerintah pusat. Namun oleh pemerintah pusat justru direspon dengan memberikan 85 ribu.

“Ini kalau tidak wabupnya sering ke Jakarta, tidak mendapatkan sebanyak ini,” puji  Susi setengah berkelakar.
Wanita berhijab ini menegaskan tidak hanya untuk vaksinasi di Kabupaten Blitar, namun PAN juga mendukung program vaksinasi secara nasional. Diharapkan setelah vaksin, kondisi perekonomian bisa kembali mengeliat.

Sementara Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso mengaku senang dengan pemberian vaksin yang diberikan pemerintah pusat. Pengusaha sarang burung walet ini tidak menyangka jika diberikan lebih, bahkan lebih banyak dibandingkan kabupaten/kota yang lain.

“Alhamdulliah, sekarang vaksin sudah ada dan di kasih lebih oleh pusat. Semoga semua masyarakat Blitar  bisa cepat vaksin dan covid-19 bisa mereda dan kita bisa fokus ke yang lain, ” tegasnya. {SN}

Continue Reading

Nasional

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Kapolri: Bersatu dan Gotong Royong Melawan Covid19

Published

on

By

 

JAKARTA-Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengajak seluruh elemen masyarakat untuk Bersatu dan Bergotong Royong Melawan dan Memerangi Pandemi Covid19 dewasa ini.

Kapolri menuturkan, semangat gotong royong itu, merupakan salah satu bentuk me-Refleksi-kan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021.

Dengan bergandengan tangan melawan Covid19, hal tersebut merupakan wujud Generasi Penerus Bangsa saat ini untuk melanjutkan semangat “Founding Fathers Indonesia” terkait dalam merumuskan Pancasila sebagai Idiologi Bangsa ketika itu.

” Menanamkan nilai Pancasila di tengah Pandemi Covid19 dapat dilakukan dengan Gotong Royong, Bersatu dan Bergandengan Tangan sebagaimana butir ke Tiga Pancasila “Persatuan Indonesia” dalam melawan dan memerangi Pandemi Covid19 yang saat ini sedang dihadapi oleh Indonesia khususnya dan Dunia pada umumnya,” tutur Listyo Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa 1 Juni 2021.

Menurut Kapolri, Pancasila adalah merupakan Kepribadian dan Pandangan Hidup Berbangsa, bahkan menjadi landasan yang Kuat dan Kokoh untuk masyarakat dengan pemerintah agar bersatu menghadapi tantangan yang terjadi saat Pandemi Covid19 ini.

” Tingginya semangat Persatuan dan Kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan Pemerintah, maka dapat terwujud Indonesia yang Tangguh, ketika menghadapi Virus Corona saat ini,” ujar Sigit.

Selain itu, mantan Kapolda Banten menyatakan, dengan adanya Persatuan itu, makaEefek Domino yang dihasilkan dari Pandemi Covid19, mulai dari Perekonomian dan Kehidupan Sosial dapat teratasi dengan baik.

Maka menurut Kapolri, Refleksi Hari Lahir Pancasila saat ini, juga dapat di implementasikan dengan Kesadaran dan Kedisiplinan dari masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan. Disamping itu, masyarakat harus memberikan dukungan seluruh dari kebijakan pemerintah dalam rangka untuk memutus mata rantai Virus Corona tersebut.

” Kedisplinan Protokol Kesehatan itu dapat menjadi kunci untuk Indonesia segera bisa keluar dari Pandemi Covid19. Dukungan dari masyarakat untuk turut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan PPKM Mikro, Vaksinasi Nasional serta Penguatan 3M dan 3T, juga bisa menjadi bentuk Nasionalisme atau wujud Kecintaan terhadap Pancasila tersebut,” papar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Adanya ke Gotong-royongan oleh masyarakat dan Pemerintah itu, dapat memerangi Covid19, maka akan terwujud Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh. Sebagaimana tema Hari Lahir Pancasila 2021 yang diusung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tahun ini,” pungkas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. {Bts/JAcK}

Continue Reading

Nasional

Wabub Kab Blitar: Alhamdulillaah Kabupaten Blitar Dapat Tambahan 55 Ribu Vaksin Dari  Pusat

Published

on

By

Rahmat Santoso Wabub. Kab. Blitar Bersama Ketua pusat Covid 19, Doni Monardo.

BLITAR-Kabupaten Blitar saat ini mendapatkan tambahan 55 ribu vaksin covid-19 dari pemerintah pusat,  tambahan ini didapatkan setelah Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso bersama jajarannya bertemu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Satgas Covid-19  Doni Monardo, di Jakarta, Rabu 19 Mei 2021.

“Alhamdulliah, hari ini saya mewakili Pemkab bertemu Menkes dan Ketua Satgas Covid-19. Tambahan vaksin yang kita minta ke pusat untuk masyarakat Blitar dipenuhi. Bahkan lebih banyak dari yang kita minta. Kami minta 50 ribu vaksin malah dikasih lebih. Nanti akan jadi proyek percontohan juga, ” ujarnya saat dikonfirmasi.

Tidak hanya tambahan vaksin yang dipenuhi pemerintah pusat. Sejumlah bantuan peralatan medis juga akan diberikan kepada Kabupaten Blitar untuk mempercepat penanganan covid-19.

“Detailnya nanti disampaikan di Blitar. Misalnya di RSUD kita punya 100 bed untuk pasien covid-19, tapi ventilator kita terbatas hanya 18, itu nanti akan ditambahi pusat dan ada bantuan alat-alat lainnya, ” ujar Wabup Rahmat Santoso.

Dalam pertemuan itu, Rahmat Santoso yang baru menjabat wabup beberapa bulan ini juga menyampikan jika selama ini Kabupaten Blitar belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Masyarakat Blitar ini penyumbang devisa negara besar. Jumlah PMI (pekerja migran) terbanyak. Selama ini tidak ada bantuan karena laporan ke pusat baik-baik saja. Misal orang kaya dikasih bantuan beras raskin, urusannya malah bisa sama KPK apa Bareskrim, ” ucapnya.

Untuk itu, Rahmat Santoso menginstruksikan kepada semua jajaran di Pemkab Blitar untuk menjawab kepercayaan pemerintah pusat dengan bekerja keras dan sungguh-sungguh. Harapannya, semua bantuan bisa tersalurkan tepat waktu dan tepat sasaran.

“Vaksin harus segera kita lakukan, 50 ribu lebih vaksin tambahan ini harus selesai tiga sampai empat minggu. Kita harus siap datang ke rumah-rumah penduduk, datangi lansia, jangan menunggu. Teknisnya nanti kita kordinasikan, saya akan melapor ke Bupati dulu, ” ucapnya.

Selain itu, Rahmat Santoso juga memohon kepada semua masyarakat untuk mendukung program vaksinasi covid-19. Sebab, jika Kabupeten Blitar bisa segera keluar dari zona merah, maka pembangunan di sektor-sektor lain bisa dilakukan.

Vaksin sekarang sudah dapat tambahan, mari kita selesaikan dengan cepat biar bantuan datang lagi. Semua yang kita miliki bergerak. Tenaga kesehatan, Puskesmas, Poldes hingga kelurahan. Tentunya masyarakat harus mendukung juga. Setelah covid-19 ini bisa turun, kita bisa konsentrasi ke yang lain, perekonomian, pendidikan, jalan-jalan rusak dan lainnya, ” pintanya. {SN}

Continue Reading

Trending