Home / Berita / Nasional / Ada Potensi Tsunami Dari Laut Selatan Jawa

Ada Potensi Tsunami Dari Laut Selatan Jawa

JAKARTA-Akan Ada potensi gempa besar dari segmen megathrust di balik potensi tsunami dari laut di selatan Jawa. Temuan potensi tsunami itu, ketinggian mencapai maksimum 20,2 meter di dekat pulau-pulau kecil sebelah selatan Banten dan 11,7 meter di Jawa Timur, mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat belakangan ini.

Untuk diketahui, potensi gempa dan tsunami itu didapat dari hasil riset atas jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia selatan Jawa. Zona defisit slip segmen megathrust di selatan Jawa Barat setara dengan akumulasi energi gempa bermagnitudo 8,9, dengan asumsi periode ulang gempa 400 tahun sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya.

Untuk periode ulang yang sama, zona dengan defisit slip tinggi di segmen megathrust di bagian timur (selatan Jawa Timur) setara dengan gempa bermagnitudo 8,8. Sedangkan jika kedua zona defisit slip tersebut pecah dalam satu kejadian gempa, maka diperhitungkan menghasilkan gempa dengan kekuatan sebesar Mw 9,1.

Datangnya Potensi gempa megathrust di Indonesia bukan hanya dari dua segmen di atas. Sebelumnya, sejumlah potensi sejenis telah diungkap di selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat dan barat Sumatera. Termasuk yang dibayangi dampak gempa megathrust itu adalah wilayah ibu kota, Jakarta.

Ada beberapa pernyataan dan hasil riset terkait potensi gempa megathrust di Indonesia beserta kekuatan dan lokasinya tersebut. Sebagian sama menunjuk selatan Banten dan Jawa Barat.

Menurut Badan Geologi, gempa megathrust di Selat Sunda memang berpotensi berdampak ke Jakarta. Di antara sumber lain yang berpotensi membangkitkan gempa di Jakarta, sumber gempa megathrust selatan Jawa hingga ke Selat Sunda adalah yang terdekat, berjarak lebih dari 200 kilometer.

“Jika terjadi gempa besar bermagnitudo 8 hingga 9,5 dari sumber itu bisa merambat ke Jakarta,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Meskipun intensitas gempanya menurun, kondisi endapan tanah cekungan Jakarta bisa memperbesar efek gempa atau amplifikasi. Dampaknya pada bangunan tinggi. {JAcK}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

BPD Ginsi Jatim Sah, Dibawah Kepemimpinan Ketum Anton Sihombing

SURABYA-Baru-baru ini, muncul lagi mendirikan Gabungan importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) tandingan yang menimbulkan dua ...