Connect with us

Umum

Geliat Kemah Pers Indonesia Pacu Denyut Kaldera Toba

Published

on

TOBA, {DETEKTIFNEWS.com}-Panasnya terik matahari di atas puncak bukit Hutaginjang tak juga mengurangi sejuknya tiupan angin dingin yang membuat seluruh peserta Kemah Pers Indonesia takjub mengawali kegiatan di areal hutan lindung kawasan Geosite Kaldera Toba kamis (14/11) pekan lalu. Pemandangan alam di ketinggian 1650 kaki melatari luasnya Danau Toba dengan sederatan pulau nan indah makin menambah semangat para wartawan dan pemimpin redaksi dari berbagai media menjelajahi pengakuan UNESCO Global Geopark terhadap Geopark Kaldera Toba.

Dari puncak bukit Huta Ginjang peserta Kemah Pers Indonesia mulai berselancar dengan kamera masing-masing merekam keindahan alam Geosite tertinggi dari 19 Geosite yang terdapat di Geopark Kaldera Toba. Geliat Kemah Pers Indonesia mulai memacu denyut Kaldera Toba agar bisa mendunia lewat jejaring media.

Berlanjut ke Pulau Wisata Sibandang, peserta dan pejabat Muspida Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Tapanuli Utara disambut hangat warga setempat. Acara pembukaan yang dihadiri sederet pejabat dari Provinsi Sumut dan Kabupaten Tapanuli Utara menandakan Kemah Pers Indonesia diakui dan didukung penuh oleh pemerintah setempat. Diantaranya hadir Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara Muhammad Ayub mewakili Gubernur Sumatera Utara, Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Asisten 1 Setkab Parsaoran Hutagalung, General Manager Pengelola Kaldera Toba yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara Unggul Sitanggang, Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Utara, Kapolres Tapanuli Utara yang diwakili AKP Benyamin Pakpahan, Dandim 0210 Mayor Armed Wasno, Camat Muara Josua Napitupulu, dan sejumlah kepala desa.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bahkan secara resmi menyatakan menjadi pendukung utama pelaksanaan kegiatan ini. Dukungan penuh pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan Kemah Pers Indonesia ini membuktikan legitimasi organisasi pers dan media massa di luar konstituen Dewan Pers di daerah ini cukup menggembirakan.

Propaganda Dewan Pers yang selama ini mendiskreditkan organisasi pers di luar konstituen dan menuding ribuan media yang belum terverifikasi sebagai media abal-abal justeru terbantahkan melalui kegiatan Kemah Pers Indonesia ini. Serikat Pers Republik Indonesia menjawab propaganda Dewan Pers tersebut dengan kegiatan berbasis kinerja. Inisiatif DPD SPRI Provinsi Sumut menggelar kegiatan Kemah Pers Indonesia ini justeru direspon sangat positif oleh pemerintah daerah. Bahkan sebagian besar peserta yang hadir adalah wartawan dari media-media yang belum terverifikasi Dewan Pers.

Dewan Pers boleh saja sibuk dengan propagandanya menyebut media abal-abal yang belum terverifikasi dilarang bekerja sama dengan pemerintah daerah. Kegiatan Kemah Pers Indonesia membuktikan bahwa sebagian besar peserta yang berasal dari media-media yang belum terverifikasi justeru malah berperan aktif membantu pemerintah daerah melakukan promosi dan penyebaran informasi mengenai potensi wisata daerah, khususnya Geosite Kaldera Toba.

Propaganda Dewan Pers tidak berlaku dalam kegiatan Kemah Pers Indonesia. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara justeru menggandeng DPD SPRI dan media-media partner Kemah Pers Indonesia untuk mempromosikan potensi Geosite Kaldera Toba. Bahkan saat pembukaan berlangsung, Pemerintah Provinsi Sumatera utara melalui Kepala Dinas Pariwisata menyatakan secara resmi akan melibatkan DPD SPRI dan jaringan medianya untuk aktif terlibat dalam pelaksanaan Festival Danau Toba pada bulan Desember ini.

Dukungan yang tak kalah luar biasa datang dari Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang menugaskan secara khusus Camat Muara Josua Napitupulu untuk mendampingi seluruh rangkaian kegiatan Kemah Pers Indonesia dari pagi hingga malam hari selama tiga hari berturut-turut.
Beberapa lokasi wisata yang sempat dikunjungi peserta Kemah Pers Indonesia salah satunya adalah Rumah Adat Batak di Pulau Sibandang. Sejumlah rumah adat asli berumur ratusan tahun masih kokoh berdiri di tengah rumah-rumah penduduk lainnya.

Peserta juga sempat mengunjungi lokasi wisata Air Terjun Janji. Di lokasi ini peserta dilarang mengucapkan kata-kata kotor. Dan konon ada sepasang pasutri yang sudah sejak lama tidak bisa memiliki momongan, lalu membuat ikrar janji di depan air terjun ini dan setelah beberapa bulan kemudian dikabarkan sang isteri berhasil mengandung dan kemudian memiliki momongan.

Meninggalkan keindahan air terjun Janji, rombongan peserta kemudian menyempatkan diri mengunjungi pengrajin tenun kain songket. Menurut pengrajin di sini, setiap kain tenun songket dapat diselesaikan selama kurang lebih 7 hari. Harga kain tenun songket buatan tangan ini berkisar satu hingga dua juta rupiah.

Keindahan alam di lokasi Geosite Spinsur juga tak luput dari kunjungan peserta Kemah Pers Indonesia. Dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Devis Karmoy, peserta disuguhi pemandangan yang sungguh sangat memanjakan mata. Berlatar pemandangan Danau Toba seolah terlukis alami oleh goresan pulau-pulau yang melekat indah dibibir danau dari kejauhan.

Di penghujung acara Kemah Pers Indonesia, peserta digiring ke rumah pengasingan Presiden Pertama RI Soekarno untuk melihat-lihat situasi ketika sang proklamator dulu pernah diasingkan di tempat ini.

Sebagai penutup seluruh rangkaian geliat Kemah Pers Indonesia, peserta mengikuti symposium tentang pengakuan Geopark Kaldera Toba sebagai Geopark dunia, dan terakhir adalah pelatihan jurnalistik tentang tekhnik menulis berita feature oleh pemateri Pemimpin Redaksi media Jayakarta Roso Daras. {Penulis Hence Mandagi/Red}

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Umum

Anggota Petugas Sekat Pemudik, Polres Mojokerto Jalani Test Swab PCR

Published

on

By

MOJOKERTO-Anggota personil Polres Mojokerto yang terlibat dalam tugas Operasi Ketupat Semeru 2021 menjalani Test Swab PCR. Pemeriksaan ini guna mencegah penularan virus covid19 dari Polisi ke Masyarakat.

Perihal pengambilan sampel Swab kepada personil yang dilaksanakan di lapangan upacara Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Mojosari. Selanjutnya, sampel itu akan diperiksa di Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander juga menjalani Test Swab PCR tersebut. Menurutnya, pemeriksaan covid19 yang dimulai hari ini menyasar 200 personil. Bahkan termasuk terhadap para guru TK Kemala Bhayangkari.

Dony menambahkan, Test Swab PCR massal di Polres Mojokerto ini untuk mendeteksi anggotanya yang mungkin terinfeksi covid19. Pasalnya, karena mereka banyak berinteraksi dengan masyarakat selama bertugas dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 dan dalam Penyekatan Mudik Lebaran sejak 22 April lalu tersebut.

” Kami ingin memastikan semua anggota personil Aman dan Tetap Sehat, sehingga tidak menularkan covid19 saat memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutur AKBP Dony Alexander, Selasa 18 Mei 2021.

Disamping soal bertugas melayani masyarakat seperti biasa, namun ratusan personil Polres Mojokerto juga masih harus melaksanakan tugas untuk Pengetatan Mobilitas Penduduk hingga 24 Mei nanti.

Karena hal itu sesuai Adendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid19 Nomor: 13 Tahun 2021 yaitu tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri.

Adapun dari Pengetatan mobilitas penduduk di gelar mulai hari ini sejak berakhirnya Larangan Mudik Lebaran pada Senin 17 Mei 2021. Sehingga Masyarakat yang akan masuk ke Mojokerto tetap harus menjalani pemeriksaan di 4 Pos Penyejatan, yaitu di Ngoro, Pacet, Trawas dan PPST Trowulan.

” Harapan kami melalui Test Swab PCR ini, semua personil kami siap kembali memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bebas dari covid19,” tandas Dony.

Menurut Dony, bagi anggota Polres Mojokerto yang Positif covid19 itu, langsung diisolasi hingga sembuh. Tempat isolasi di Puskesmas Gondang disiapkan kepada Polisi yang terinfeksi virus corona tanpa Gejala Kliniks.

” Bagi anggota yang mempunyai penyakit bawaan, akan kami Rujuk ke Rumah Sakit segera, supaya penanganannya lebih maksimal untuk penyembuhan personil kami tersebut,” terangnya.

Selain itu, Kepala Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Nur Mutoliah menjelaskan, dari Pengambilan Sampel Swab 200 Polisi maupun Guru TK Kemala Bhayangkari ditargetkan selesai hari ini. Bahkan terkait hasil Test Swab PCR diperkirakan keluar sore nanti,” paparnya.

” Kalau besok Polres Mojokerto mengajukan lagi, tetap akan kami layani,” pungkas Kepala Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Nur Mutoliah. {Bts/JAcK}

Continue Reading

Peristiwa

Meledak dan Terbakar Kilang Minyak Indramayu

Published

on

By

INDRAMAYU-Kilang Pertamina Balongan Indramayu meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Dikabarkan adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar.

Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri yang dianggap bagaikan gempa.

Belum diketahui penyebab ledakan kilang Pertamina Balongan yang mengakibatkan kebakaran besar tersebut. Sampai saat ini masih dalam pemeriksaan petugas. {Red}

 

Continue Reading

Umum

Dandim sambut Rombongan Gowes Pangdam di Check Point Koramil Pabean Cantian

Published

on

By

SURABAYA-Bertempat di Makoramil 0830/03 Pabean Cantian Surabaya Jl. Trengganu No. 7 Kel. Perak Timur Pabean Cantian Surabaya telah dilaksanakan kegiatan Check Point Gowes Pangdam V/Brawijaya (Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M) beserta rombongan, Rabu (10/3/2021) pagi.

Start berawal dari Lapangan Makodam V/Brawijaya menuju Chek Point yaitu Makoramil 0830/03 Pabean Cantian, Dandim Surabaya Utara beserta perwira lainnya menyambut rombongan Gowes Pangdam V/Brawijaya dan tak lepas juga dari adanya pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Dandim mengatakan, kegiatan Olahraga ini disamping Untuk menciptakan kondisi yang prima, meningkatkan imunitas tubuh Juga meningkatkan kualitas kesehatan, sekaligus sebagai sarana komunikasi silaturahmi memupuk jiwa korsa kebersamaan sesama prajurit Kodam V Brawijaya, ujarnya.

Ucapan Terima kasih Kepada Bapak Pangdam V/Brawijaya “telah memilih Wilayah Kodim 0830/Surabaya Utara yaitu Koramil Pabean Cantian untuk dilaksanakan kegiatan Check Point Gowes beserta rombongan”, kata Dandim. {Red}

Continue Reading

Trending