Home / Berita / Nasional / 8 Perguruan Tinggi BUMN Akan Digabung Menjadi Satu Universitas
Rini Soemarno Menteri BUMN

8 Perguruan Tinggi BUMN Akan Digabung Menjadi Satu Universitas

JAKARTA, {DETEKTIFNEWS.com}-Untuk peningkatan kualitas SDM di Indonesia. Ada delapan perguruan tinggi yang bergabung menjadi “BUMN Universities”. Delapan kampus itu selama ini tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN). Mereka masing-masing Universitas Pertamina, Telkom University, ITT Surabaya, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Internasional Semen Indonesia, STT-PLN, dan BRI Institute.

“Selama ini kan kita tahu masih terpecah-pecah. Masing-masing BUMN punya universitas sendiri. Ini kemudian yang mendorong saya untuk melakukan transformasi di mana kita bersatu, harus di bawah satu payung, tinggal nanti dibagi per fakultas,” anjur Menteri BUMN, Rini Soemarno, Jumat (18/10/2019).

Rini mengungkapkan, penggabungan ini penting karena setiap kampus BUMN memiliki spesialisasi bidang keilmuan, sehingga bisa dibuat sistem fakultas. Namun, dia mempertimbangkan bagi kampus yang sudah lama berdiri dan mandiri seperti Telkom University tidak digabung.

“Yang baru kebentuk dan mau dibentuk, kita jadikan ini sebagai wadah satu payung. Nantinya kita bagi per fakultas sesuai sektor-sektornya misalnya pertambangan, pertanian, dan lain-lain,” tuturnya.

Kata Rini, penggabungan tersebut akan dibarengi dengan peningkatan kualitas tenaga pendidik. Diharapkan, SDM yang dihasilkan nantinya unggul dan berkualitas dari Universitas tersebut. {JAcK}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Koramil Sumberejo Pasok Bantuan Air Bersih di Dusun Temas Bojonegoro

BOJONEGORO, {DETEKTIFNEWS.com}-     Kemarau panjang menyebabkan Dusun Temas, Desa Margoagung, Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro, Jawa Timur, ...