Home / Berita / Transportasi / Pelabuhan / PT. DLU Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran Didepan Calon Penumpang di GSN Tanjung Perak

PT. DLU Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran Didepan Calon Penumpang di GSN Tanjung Perak

Laporan Redaksi: Beduar Sitinjak, SH

SURABAYA, {DETEKTIFnews.com}-PT. Dharma Lautan Utama (DLU) adakan sosialisasi keselamatan pelayaran yang kesekian kalinya di hadapan penumpang, bertempat di Ruang Tunggu terminal penumpang Gedung Surya Nusantara (GSN) Tanung Perak, Surabaya.

Acara keselamatan ini dihadiri loleh, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Biro Klasifikasi Indonesia, Kesyahbandaran Utama Tanung Perak, Pelindo III dan dari pihak pelanggan yaitu, penumpang, Sopir kendearan agen tiket serta ekspedisi kenderaan, Rabu (12/12-2018).

Acara ini diselenggarakan, karena dilatarbelakangi oleh:
1. Beberapa kejadian kecelakaan di berbagai moda transportasi di tanah air
2. Sorotan masyarakat dalam dan luar negeri mengenai tingkat keselamatan
transportasi di Indonesia
3. Kontinuitas pelaksanaan Edukasi kepada pelanggan tentang pentingnya
Keselamatan Pelayaran yang harus selalu ditingkatkan.
Kampanye Keselamatan Pelayaran diselenggarakan dengan Tujuan:
A. Menyampaikan kepada masyarakat tentang Tingginya standarisasi keselamatan Pelayaran khususnya di Angkutan Ferry. Sehingga para Pelanggan akan mendapatkan jaminan Keselamatan.
B. Menyampaikan kepada masyarakat bahwa Keselamatan Pelayaran membutuhkan peran serta seluruh Pemangku Kepentingan Pelayaran,sehingga merupakan kebutuhan dan tanggung jawab bersama.
C. Memberikan Edukasi kepada Pelanggan tentang beberapa hal: a. Pentingnya Keselamatan Pelayaran
D. Peran Pelanggan dalam menciptakan c. Tindakan yang harus dan dilarang dilakukan oleh Pelanggan saat Pelayaran
E. Dasar Pengetahuan terhadap Barang Berbahaya B3 yang dilarang di
bawa dalam pelayaran
4. Salah satu bentuk upaya dalam membentuk Budaya Keselamatan dalam Pelayaran
5. Menyatukan pendapat dan berkomitmen bersama-sama dalam mewujudkan Keselamatan Pelayaran.

Harapan yang ingin dicapai dari terselenggaranya acara Kampanye Keselamatan ini:
1. Makin meningkatnya peran serta seluruh Pemangku Kepentingan Pelayaran dalam mewujudkan Keselamatan Pelayaran, termasuk para pelanggan
2. Meningkatkan Kepercayaan publik atas moda Transportasi Laut khususnya Angkutan Ferry sebagai Moda Transportasi strategis sebagai yang berperan menunjang pemerataan ekonomi Nasional dan memiliki tingkat Keselamatan yang paling baik.
3. Pemahaman yang sama dari seluruh Pemangku Kepentingan Pelayaran, bahwa Keselamatan Pelayaran merupakan kebutuhan dan tanggung jawab Pelayaran.

Pegawai PT. DLU memberi minuman terhadap seluruh calon penumpang di terminal GSN Tanjung Perak

Usai acara ketika di wawancarai media, Erwin Dirut PT. DLU mengatakan, Untuk hari ini acara sosialisasi yaitu keselamatan Pelayaran adalah merupakan tangungjawab kita bersama.

“Kembali dengan mendasar yaitu membudayakan dan mencintai keselamatan. Tanpa kita mensosilisasikan dan membudayakan kebiasaan agar sekaligus mencintai manfaat keselamatan itu sendiri.

Kata Erwin, sedangkan muatan-muatan safety, seperti pentingnya mempunyai tiket dengan membeli di tempat resmi. Juga pentingnya ansuransi atau menjaga barang-barang berbahaya tidak ikut di Kapal, dan kalaupun ada itu di informasikan bagaimana cara penanganannya. Sehingga pelayaran secara keseluruhan aman bila kita di sport oleh Syahbandar, Otoritas Pelabuhan dan Pelindo III.

Saat disinggung apa anjurannya terhadap regulator yang ada Pelabuhan?, Erwin menjelaskan, kami berharap khususnya sosialisaai keselamatan ini bisa bersama-sama dengan seluruh stockholder dalam hal ini regulator, fasilitator dan pihak-pihak yang lain yang secara tidak langsung juga mempengaruhi bisa bersama-sama mengadakan acara serupa.

Sementara Hernadi Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak menyampaikan, untuk semua penumpang agar memperhatikan betapa pentingnya keselamatan ini, karena keselamatan adalah hal yang nomor satu.

“Sosialisasi keselamatan yang diadakan PT. DLU sangatlah baik dan perlu sekali, sebelum berangkat didalam Kapal pun sudah disampaikan bagaimana cara memakai baju pelampung maupun peralatan keselamatan lainnya tersebut. Sama hal nya seperti di pesawat juga demikian. Dan kita harus melakukan yang sama untuk selamat maupun dari pihak pihak terkait di Pelabuhan Tanjung Perak,” anjur Hernadi.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Pelabuhan Bagendang Semakin Berkembang

SURABAYA, {DETEKTIFNEWS.com}- Dermaga Pelabuhan Bagendang, kini semakin berkembang dengan panjang, menjadi 440 meter. Praktis, pelabuhan ...