Home / Berita / Headline / Akibat Guncangan Gempa, Ribuan Rumah Rusak di Lombok

Akibat Guncangan Gempa, Ribuan Rumah Rusak di Lombok

JAKARTA, {DETEKTIFNews.com}- Sekitar ribuan rumah rusak akibat guncangan gempa Lombok 7 SR. Kondisi paling terparah guncangan berada di Lombok Utara.

“Banyaknya rumah rusak terjadi di Lombok Utara. Kerusakan bangunan di Kecamatan Kayangan 80 persen, Kecamatan Gangga 65 persen, Kecamatan Tanjung 85 persen dan Kecamatan Pemenang 55 persen. Artinya kerusakannya parah dan belum semua didata,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Informasi yang diterima BNPB, bangunan di sepanjang jalan dari Lombok Utara hingga Lombok Timur, rusak. Selain itu 3 jembatan dilaporkan rusak yakni jembatan Bayan, jembatan Lokok Tampes dan jembatan Gangga.

Sedangakan Kebutuhan sangat mendesak saat ini tenaga medis, obat-obatan dan makanan siap saja. Tenda pengungsian juga diperlukan karena banyak warga mengungsi akibat rumahnya rusak diguncang gempa Lombok.

“Untuk pemenuhan kebutuhan korban, BNPB mengirimkan 21 ton logistik dan peralatan melalui pesawat khusus. Relewan, masyarakat, kementerian-lembaga, TNI/Polri terus melakukan penangan darurat,” urai Sutopo.

Guncangan Gempa 7 SR di Lombok Timur berkedalaman 15 km terjadi pukul 18.46 WIB, Minggu (5/8). Jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores. “Dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik,” kata Sutopo.

BMKG menyatakan, gempa 7 SR adalah gempa utama (main shock) dari rangkaian gempa sebelumnya. Tercatat 132 gempa susulan terjadi hingga pukul 08.00 WIB, Senin (6/8).

“Memang Lombok Utara kondisi rawan gempa akibat pergerakan Sesar Naik Flores. Beberapa gempa tsunami terjadi di Bali Utara, Lombok Utara dan Flores,hingga Lombok terdapat patahan/sesar memanjang. Patahan ini sebagai respons terhadap desakan Kontinen Australia,” ungkap Sutopo. {B2RS}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Rektor Unair Kolaborasi Dengan Kapolda Jatim “Pendisiplinan Protokol Kesehatan”

SURABAYA-Civitas Akademika di Surabaya, melakukan kunjungan di Polda Jatim, bertempat Selasar Gedung Patuh Lantai 2 ...