Home / Hukrim / Komisi III DPR RI: Akan Kami Beri Masukan Pada Menkumham Agar Diperbaiki Gedung Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak
Adies Komisi 3 DPR RI di dampingi Romy Kakanim meninjau pembuatan Paspor Haji di lantai 2 kantor imigrasi Tanjung Perak

Komisi III DPR RI: Akan Kami Beri Masukan Pada Menkumham Agar Diperbaiki Gedung Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak

SURABAYA, {DETEKTIFNews.com}-Kecepatan pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya dinilai belum semuanya berbasis teknologi dan informasi (IT) alias manual. Alasannya, metode pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pengguna jasa/pemohon masih terkesan belum lancar. Akibat fasilitas sebagian harus dibenahi.

“Saya melihat, memang ada beberapa hal yang harus segera diperbaiki. Salah satunya, pelayanan yang masih menggunakan manual. Kalau saja ada sistem barcode, pasti setiap pengajuan pemohon bisa diproses cepat, dan tidak lagi menunggu lama,” ungkap Anggota Komisi III DPR RI, Adies Kadir saat melihat langsung setiap bagian dan ruangan pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya, Kamis (8/3/2018).

Adanya sistem barcode (kode batang), lanjut Adies, semua bisa dipercepat dan transparan. Dengan begitu, jika pemohon datang mengajukan permohonan paspornya sudah bisa terlihat, mulai nama dan nomornya.

Komisi 3 DPR RI Periksa pangajuan Paspor

“sedangkan pihak imigrasi sudah berjanji, seminggu lagi akan diganti barcode. Jadi, tidak manual lagi. Selanjutnya, bisa disimpan di laci mana, agar tidak lagi mencari-cari. Kalau bisa, juga perlu ada semacam televisi besar atau layar besar sehingga bisa melihat antrean yang masuk pemohon paspor,” jelasnya.

Kata politisi Partai Golkar ini juga juga menghimbau, agar pelayanan di ruang tunggu pengambilan paspor. diperlukan harus ada perbaikan di tempat pengambilan paspor yang masih terasa gerah dan panas. Dan penutup supaya tidak masuk sinar.

“Sebab panas yang tidak tertutup atap. Harus lebih nyaman dan ditutup atapnya. Pasang AC (air conditioner/penyejuk ruangan, red) agar lebih nyaman saat menunggu,” himbaunya.

Adies Kadir juga menyampaikan, ada ketidak layakan gedung yang diperkirakan hanya bisa bertahan paling lama dua tahun. Apalagi, kondisi gedung Kantor Imigrasi di Jalan Darmo Indah Surabaya itu sudah berkali-kali direnovasi dan tambal sulam di tiap bagiannya.

“Akan kami beri masukan kepada Menteri Hukum dan HAM, untuk masalah gedung agar ada perbaikan penbangunan (Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, red). Kita perlu untuk memikirkannya,” harap Adies.

Selain itu, selama masa berkunjung pada pemohon didalam. Adies mengaku, puas dengan pelayanan yang diberikan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya. Secara umum, serta sudah lebih baik dengan sistem online dan komputerisasi.

“Sekarang sudah tidak ada lagi calo, baik di luar maupun di dalam. Ini seperti pengakuan pemohon, yang rata-rata mengatakan, sudah tidak ada lagi calo di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak”, urainya.

Zaeroji Dirwasdakim Imigrasi saat memberi keterangan Pers di depan Kantor imigrasi T. Perak

Zaeroji Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Dirwasdakim) mmenyatakan, jadi memang kedatangan Komosi 3 DPR RI meninjau Imigrasi adalah sebagai mitra kerja Keenterian Hukum dan HAM. Jadi kedatangan beliau kesini mengecek pelayanan bagi warga negara indonesia.

“Beliau datang dan langsung menanyakan pada masyarakat yang mengurus paspor, sebenarnya tidak ada masalah dengan pelayanan Paspor. Kenapa bamyak orang yang datang disini, karena dilakukan pelayanan secara online. Jadi orang dtidak lagi subuh datang untuk antri, sehingga sudah ada ditentukan hari apa, jamnya dan tanggal berapa datang ke imigrasi dalam pengurusan paspor. Kumjungan tadi sifatnya mendadak tidak ada pemberitahuan, tetapi sebagai pengawas maupun mitra memberikan arahan. Kira-kira begitu,” ungkap Zaeroji.

Tambah Dirwasdakim, Sebenarnya pelayanan di imigrasi Tanjung Perak sudah kondusif. Namun, seperti yang dibilang beliau tadi (komisi 3 DPR RI-red), masih ada yang di perbaiki. Termasuk renovasi gedung dan parkir yang tidak memadai, sehingga perlu waktu untuk melihat lahan nantinya. (B. SITINJAK)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Kejari Tanjung Perak Laksanakan Pemusnahan Barang Bukti Yang Sudah Inkracht

SURABAYA-Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya laksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti yang telah berkekuatan hukum ...