Pelindo Lakukan Survey Pelanggan Tahun 2022 di Pelabuhan Tanjung Perak

0
10

SURABAYA-Pelindo bekerjasama dengan PT Surveyor Indonesia (Persero) selaku konsultan independen melakukan survey kepuasan pelanggan tahun 2022 bertempat di Ruang Rapat Bromo Lt.V Kantor Pelindo Regional 3, pada Rabu (14/10). Acara tersebut dihadiri oleh 74 pengguna jasa setempat yang meliputi pemilik kapal/ agen pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat (PBM), pemilik barang/forwarding serta kontraktor yang mengerjakan perkerjaan di pelabuhan.

Tujuan diadakannya survey ini yang pertama adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, mengetahui apa saja faktor yang dapat menaikan kepuasan pelanggan, mengukur harapan dan persepsi pelanggan, mengukur ketertarikan pelanggan dalam mempromosikan pelayanan, membandingkan hasil survey pelanggan tahun ini dengan tahun sebelumnya, juga sebagai acuan strategi dan action plan perbaikan kinerja perusahaan ke depannya dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

Onny Djayus selaku CEO PT Pelabuhan Indonesia Sub Regional Jawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa survey kepuasan pelanggan ini merupakan survey yang pertama kalinya dilakukan secara offline setelah selama 2 tahun belakangan ini dilakukan secara online akibat pandemi.

Survey kepuasan pelanggan ini dilakukan agar para pengguna jasa dapat memberikan saran dan masukan terkait pelayanan manajemen Pelindo Pelabuhan Tanjung Perak, sehingga hasil penilaiannya nanti akan menjadi acuan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya. Untuk pengisian survey, Pelindo bekerjasama dengan PT Surveyor Indonesia (Persero) dalam pembuatan kuesioner, pendampingan selama pengisian survey sampai menghitung hasil survey, tuturnya, Rabu (14/12/22).

Pengisian survey ini dilakukan dengan 2 cara yaitu pengisian secara offline mapupun online menggunakan link yang telah dibagikan.
“Kuesioner yang kami bagikan ini, untuk mengukur sampai dimana kepuasaan pelayanan yang diberikan oleh kami, sehingga kami selalu melakukan perbaikan. Kami juga menyediakan beberapa kotak saran di beberapa tempat sehingga mudah untuk menyampaikan aspirasi”, imbuh Onny.

Onny juga menjelaskan bahwa, indeks kepuasan pelanggan sudah semakin meningkat di tahun 2021 dibanding 2022. “Pada tahun 2021, Indeks Kepuasan Pelanggan mencapai nilai 4,20 sehingga termasuk dalam kategori sangat memuaskan. Nilai tersebut meningkat jika dibandingkan indeks kepuasan pelanggan tahun 2020 yaitu 4,05. Selanjutnya Indeks Loyalitas Pelanggan mencapai nilai 4,36 dimana dengan kategori menurut survey termasuk dalam kategori sangat loyal. Artinya Pelindo senantiasa telah melakukan beberapa perbaikan dalam hal kinerja pelayanan pelabuhan” jelas Onny.

Lanjut Onny, Beberapa bentuk peningkatan layanan yang telah dilakukan Pelindo Sub Regional Jawa diantaranya menerapkan One Billing System di Pelabuhan Tanjung Perak, kesiapan pelabuhan untuk sistem operasi selama 24 jam dalam setiap harinya, pelayanan kapal cruise pasca pandemic di Pelabuhan Tanjung Perak, perbaikan jalan pelabuhan, ruang tunggu kendaraan di median Jalan Prapat Kurung (dalam proses kerja sama pengelolaan), perkuatan dermaga, serta otomatisasi gate penumpang.

Diharapkan dengan adanya survey kepuasan pelanggan ini dapat memberikan wadah kepada para pengguna jasa yang ingin memberikan saran dan masukan sesuai dengan pelayanan yang diberikan sehingga hasil penilaiannya nanti akan menjadi acuan bagi perusahaan agar selalu memberikan dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya bagi pengguna jasa pelabuhan. Pesan Onny. {Hms/Red}