Kebakaran KM. Mutiara Timur I Penumpang Selamat, Akhirnya Tenggelam Bersama Kenderaan

0
15

BALI-KM Mutiara Timur I yang terbakar di Perairan Utara Karangasem, Bali, setelah terbakar akhirnya tenggelam pada sore hari, Kamis (17/11/22).

Sugeng Riyono Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas 2 Tanjung Perak kepada media mengatakan, kapal tersebut tenggelam kurang lebih sekitar pukul 17.00.

“Hingga hari Kamis, petugas gabungan masih berupaya melakukan pemadaman meski ratusan penumpangnya berhasil diselamatkan. Sebelumnya Kapal tersebut dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi pada Rabu (16/11/2022).” Jelasnya.

Sugeng menambahkan, kita melakukan pemadaman dari luar, karena tidak bisa masuk ke kapal. Jika masuk terlalu berisiko karena besi-besinya sudah jelas panas.

“Kapal Mutiara I memuat 115 kendaraan logistik dari berbagai golongan dengan tujuan Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat yang tidak bisa diselamatkan karena tidak bisa keluar”, rincinya.

Sebelumnya Basarnas Bali menyebut KM Mutiara Timur I terbakar di Perairan Utara Karangasem, Bali, pada Rabu (16/11/2022) sekitar pukul 15.30 WITA.

Informadi yang diterima, sejumlah penumpang dan ABK yang semula 271 orang, ternyata menjadi 258 orang, di mana ABK berjumlah 24 dan sisanya 234 orang penumpang.

Eka Suyasmin membenarkan petistiwa tersebut, dengan kejadian itu, Sekitar 5 Mil terjadilah kebakaran  kapal yang posisi miring dengan asap hitam tebal membumbung tinggi, setelah dua hari barulah KM. Mutiara I tenggelam. Sedangkan faktor kebakaran kurang jelas kami ketahui di lapangan. Ucapnya. {B. Sitinjak}