TTL Salurkan Bantuan CSR  Automatic Watering Solar System Kewarga Tambak Sarioso 

0
6

SURABAYA-Memperingati Hari Pangan Sedunia, Terminal Teluk Lamong (TTL) menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada warga Kelurahan Tambak Sarioso, Surabaya. Sesuai dengan tema Hari Pangan Sedunia “Leave No One Behind; better production, better nutrition, a better environment, and a better life”. TTL salurkan bantuan berupa ‘Automatic Watering Solar System’ yang diharapkan dapat menjadi sarana penunjang peningkatan hasil produksi pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan diberikan secara langsung oleh Direktur Operasi dan Teknik Terminal Teluk Lamong, Kalbar Yanto kepada perwakilan warga Kelurahan Tambak Sarioso, Zaenal. Pemberian peralatan ‘Automatic Watering Solar System’ bertenaga surya, paranet, dan media tanam hidroponik dihadiri pula oleh Corporate Secretary, Arief Yarmanto dan Kelompok Tani Guyub Sejahtera.

“Kami harap dengan bantuan CSR ini dapat semakin meningkatkan semangat dan kekompakan warga untuk mengelola lahan ini, kami juga berharap program hidroponik ini sustain dan nantinya bisa meningkatkan ketahanan pangan di masyarakat” ujar Kalbar Yanto.

Automatic Watering Solar Sytem (AWSS) merupakan alat yang dapat membantu mengatur penyiraman tanaman secara otomatis dengan settingan waktu yang diinginkan secara rutin, pagi dan sore hari. Selain itu, jumlah air juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap tanaman. AWSS menggunakan sistem yang ramah lingkungan dengan penggunaan tenaga surya sebagai sumber energinya.

Zaenal selaku perwakilan Kelompok Tani Guyub Sejahtera menyampaikan, rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan TTL “Terima kasih kepada Terminal Teluk Lamong yang sudah memberikan perhatian dan bantuannya, berkat alat otomatis ini kami sangat terbantu dalam proses penyiraman dan perawatan tanaman. Jadi tidak perlu risau lagi jika akan pergi bekerja. Selain itu, hasil dari penggunaan alat ini tanaman tumbuh lebih besar dan lebih hijau” jelas Zaenal.

Penyaluran bantuan AWSS ini menarik perhatian warga Kelurahan sekitar. Salah seorang warga menyampaikan keinginan penggunaan ‘Automatic Watering Solar System’ di Kelurahan mereka juga karena melihat dampak yang begitu signifikan pada tanaman dan waktu pengolahan lahan. {hms/red}