Pelindo Raih Penghargaan Produk Terbaik Jatim Fair 2022

0
6

SURABAYA-PT Pelabuhan Indonesia (Persero) kembali menghadirkan mitra binaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada acara Jatim Fair 2022 yang diadakan di Exhibition Hall Grand City Surabaya pada tanggal 7-13 Oktober 2022.

Acara ini memiliki tema “Optimis Jatim Bangkit” yang bertujuan untuk membangkitkan UMKM yang selama dua tahun terakhir diterpa oleh pandemi Covid-19. Tercatat sebanyak 281 stand yang mengikuti acara Jatim Fair 2022 secara offline. Stand-stand tersebut di antaranya berasal dari OPD Pemprov Jatim, Kabupaten/Kota di Jatim, BUMN/BUMD, Swasta, UMKM sampai beberapa kabupaten/kota di luar Jatim.

Pada pembukaan acara Jatim Fair 2022 yang berlangsung secara online maupun offline. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan “Semoga lewat ajang ini, muncul lebih banyak lagi enterpreneur muda yang mampu menembus pasar-pasar baru. Termasuk pasar ekspor dengan membawa produk lokal.”

Khofifah menerangkan, sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Jawa Timur. Di mana kontribusi Nilai Tambah (NTB) K-UMKM terhadap PDRB Jawa Timur pada tahun 2021 mencapai 57,81 persen, meningkat sebesar 0,56 persen dibandingkan dengan tahun 2020.

“Jejaring pelaku UMKM Jatim akan semakin bertambah luas. Koneksi yang terbangun ini tentu akan berujung pada transaksi perdagangan. Ajang ini juga menjadi sarana tolak ukur kekuatan daya saing produk yang dipamerkan” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Gubernur Khofifah turut menyerahkan penghargaan untuk Stand Terbaik Kategori Tematik yakni stand dengan keberagaman produk terbaik diraih oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Penghargaan ini diterima langsung oleh Juju Juarsih selaku Department Head Pelayanan SDM & Umum Regional 3 PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Juju mengaku sangat senang dan bangga dengan prestasi yang diraih kali ini “saya tentunya merasa senang dan bangga atas prestasi yang dapat kita raih saat ini. “Saya berharap momen ini dapat menjadi motivasi untuk mitra binaan Pelindo dalam mempertahankan kualitas dan tetap bersemangat lagi dalam mengembangkan usaha produk lokal karya anak bangsa” ungkapnya.

“Saya harap nanti akan semakin baik lagi kualitas produk lokal ini dan dapat menunjukan bahwa kualitas produk lokal karya anak bangsa ini tidak kalah dengan produk luar negeri. Mari kita semua terutama bagi insan Pelindo saling bekerjasama dalam mendukung UMKM dan saling berlomba-lomba memperkenalkan produk lokal dimata dunia”, imbuhnya.

Sebelumnya Pelindo juga mendapatkan penghargaan sebagai stand UMKM terbaik di ajang pameran East Java Invesment Week 2022 yang diadakan bulan lalu. Dan sekarang Pelindo kembali meraih penghargaan untuk kategori keberagaman produk terbaik. Adapun ragam dan variasi produk yang dihadirkan pada gerai UMKM Pelindo pada ajang Jatim Fair kali ini mulai dari makanan ringan,aneka sambal khas dari berbagai daerah, rangkaian body care,home decor, handcarft dan berbagai jenis pakaian. Juju juga turut melihat-lihat apa saja produk yang dihadirkan di stand Pelindo kali ini.

CEO Pelindo Sub Regional Jawa, Onny Djayus mengatakan bahwa, dengan adanya penghargaan yang sudah kita dapatkan ini menjadi sebuah motivasi yang baik untuk kita tetap maju dan berlomba-lomba lagi dalam mengembangkan UMKM.

“Meskipun sempat terhambat karena Pandemi Covid-19, perlahan-lahan kita sudah mulai bergerak dan sudah mulai menunjukan hasil dari pergerakan yang kita lakukan”, ungkapnya.

“Saya berharap bagi pelaku usaha UMKM dapat mengembangkan kreatifitas dan mempertahankan kualitas produk yang ada dan nantinya ini bisa menjadi contoh dan motivasi juga untuk-anak bangsa lainnya yang ingin menjadi pengusaha muda dan mebawa nama produk lokal dikacah Internasional”, tuturnya.

Onny mengatakan bahwa, penghargaan ini merupakan harapan yang baik untuk perusahaan untuk lebih berkontribusi dan mendukung perkembangan UMKM. Diharapkan Jatim Fair2022 ini dapat membawa pengaruh yang positif dari Pihak Pemerintahan Kota Di Jawa Timur serta Mitra Binaan dan Masyarakat Pelindo. {hms/red}