Agar Tidak Mengganggu Aktivitas, Kerangka Kapal Terbakar Segera Digeser

0
23

SURABAYA-Musibah Kebakaran dua Kapal domistik yang terbakar saat bersandar di Pelabuhan Rakyat Kalimas Surabaya, Jawa Timur, Minggu dini hari (17/7), lebih kurang pukul 02.41 yaitu, Kapal Layar Motor (KLM) Rukun Abadi dan Kapal Layar Motor (KLM) Duta Kencana.

Hasil investigasi media ini di tempat kejadian pada senin (18/7) bahwa lokasi terpasang Police line pihak Kepolisian. Namun, tampak kerangka Kapal yang gosong tersisa diatas lambung. Tetapi, lunas tegak, lunas dasar dan lunas lambung masih utuh. Sehingga dua Kapal tersebut masih gampang di pindahkan.

Seperti di ketahui sebelumnya, menurut General Manager (GM) Kalimas, Terminal Kapal Penumpang , Pelabuhan Tanjung Perak Dhany Rachmat Agustin kepada media mengatakan, koronologis Kejadian dini hari pukul 02.41 wib, pada saat itu petugas port security melaporkan adanya kebakaran pada KLM Rukun Abadi dan KLM Duta Kencana.

Sedangkan untuk memadamkan api didatangkan PMK Pelindo dibantu PMK dari Pemkot Surabaya, namun karena posisi air surut sehingga kapal sampingnya KLM Duta Kencana tdk bisa menghindar akhirnya turut terbakar, terangnya.

Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Hernadi Tri Cahyanto melalui Capt. Miftakul Hadi, M. Mar Kabid Keselamatan Berlayar mengatakan, saat ini situasi di Dermaga kejadian kebakaran masih di Police Line pihak Polisi Resort (Polres) Tanjung Perak. Untuk Senin ini, belum ada penggeseran, karena masih proses mengeluarkan Barang dari KLM. Duta Kencana. Setelah barang sudah selesai di bongkar sehingga gampang menggesernya.

“Nanti akan segera di geser dan kita berkordinasi dengan pihak Pelindo dan Pemilik Kapal, untuk menggeser ke daerah selatan dermaga Pelabuhan Kalimas agar tidak mengganggu aktivitas Kapal Lainnya.” Ujar Miftakul, Senin (18/7/22).

Kata Miftakul, Penyebab kebakaran kemungkinan konsleting listrik, kami hanya membuat laporan saja. Namun, untuk Penyelidikan selanjutnya di serahkan kepada Polres Tanjung Perak. {B. Sitinjak}