Departemen Misi GSJA Eben Haezer Melakukan Pelayanan Dan Baksos di GSJA Sapikerep Bromo

Pemimpin Pujian Ibu Sunarti Baktiono dan Singer Srikandi Tim Departemen Misi.

PROBOLINGGO-Departemen Misi adalah salah satu Departemen yang dimiliki oleh Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Eben Haezer, jalan Ambengan Nomor 2 Kota Surabaya, yang bertujuan membantu pembangunan Gereja yang sangat membutuhkan, dan melakukan berbagai bentuk Pelayanan. Sedangkan Visi Departemen Misi ini adalah “Menjadi Pelaksana Gereja Yang Berdampak Bagi Sesama”.

Sabtu siang, 5 Februatri 2022 lalu, Departemen Misi GSJA Eben Haezer yang terdiri dari 3 (tiga) unit kenderaan roda empat berangkat ke lokasi pelayanan dan bakti sosial (baksos), tepatnya di GSJA Sapikerep, Kecamatan Bromo, Kabupaten Probolinggo.

Sebelum berangkat, Tim Departemen Misi yang terdiri dari 17 orang itu terlebih melakukan Doa dulu agar Tuhan Yesus menyertai dan memberikan keselamatan dalam perjalanan.
Dan sekitar pukul 16.30 WIB, akhirnya Tim Departemen Misi sampai di tempat penginapan Vila Lusy, tempat menginap, setelah menempuh perjalanan selama dua jam setengah itu.

Dan selang beberapa menit kemudian, beberapa orang Tim Departemen Misi mengantarkan barang untuk kegiatan baksos, antara lain berupa pakaian layak pakai, sembako dan tas untuk keperluan sekolah (SD/SMP/SMA), dan alat musik gitar. Barang tersebut diterima langsung oleh Gembala Sidang GSJA Sapikerep, Ibu Pdt. Vemi Susanti Nuban.

Selang beberapa jam kemudian, tepatnya jam 7 (tujuh) malam, Tim Departemen Misi dan Jemaat GSJA Sapikerep melakukan Ibadah Doa Malam. Dan menyanyikan lagu-lagu rohani yang dipimpin Ibu Helfina sebagai WL, dengan diiringi musik Gitar yang dimainkan oleh bapak Baktiono dan bapak Gatot, dan mendengarkan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Ibu Sunarti Baktiono.

Para jemaat yang mengikuti ibadah Doa Malam ini tampak begitu semangat dan antusias menyanyikan lagu rohani. Begitu juga saat mendengarkan kebenaran Firman Tuhan yang disampaikan ole Ibu Sunarti Baktiono.

Besoknya, Minggu 6 Februari 2022, tepatnya pukul 10.00 WIB, Tim Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya melakukan Kebaktian Kebangkitan Rohani (KKR) di GSJA Sapikerep bersama Gembala Vemi Susanti Nuban dan jemaat GSJA Sapikerep. Gedung Gereja GSJA Sapikerep tempat pelaksanaan ibadah KKR ini, tampak dipenuhi oleh orang-orang yang diduga rindu akan jamahan Tuhan Yesus.

Ibadah KKR ini, dimana pemimpin pujian oleh Ibu Sunarti Baktiono memberikan lagu-lagu rohani yang berirama gembira, reggae, dangdut dan keroncong, sehingga membuat suasana menjadi semarak.

Dalam ibadah KKR ini, penyampaian kebenaran Firman Tuhan tentang “Gembala Yang Baik” disampaikan oleh Gembala Departemen Misi GSJA Eben Haezer, Ambengan Surabaya oleh Pdt. Nahum Nanang Sulistyo. Penyampaian kebenaran Firman Tuhan ini juga disampaikan dalam bahasa jawa agar mudah di mengerti oleh orang yang hadir dan rindu akan jamahan Tuhan. Dan juga diwarnai dengan pemberian doorprize bagi orang yang bisa menjawab pertanyaan.

Selesai ibadah KKR, Pdt. Vemi Susanti Nuban, Gembala GSJA Sapikerep melakukan bakti sosial, yaitu membagikan sembako bagi orang yang hadir dan membagikan tas sekolah bagi anak-anak sekolah TK, SD, SMP.

Gembala Departemen Misi GSJA Eben Haezer, Pdt. Nahum Nanang Sulistyo kepada TEROPONG mengatakan, kegiatan pelayanan Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya di GSJA Sapikerep begitu luar biasa. Sungguh sangat spektakuler. Tuhan menggerakkan para donatur dengan begitu luar biasanya, ujar Pdt. Nahum Nanang Sulistyo.

Kita mengadakan kebaktian KKR yang dihadiri dengan jumlah orang yang sangat luar biasa. Gereja itu penuh, suasana ibadah luar biasa, lawatan Roh Kudus luar biasa. Bahkan, ada jiwa yang bertobat, kata Pdt, Nahum Nanang Sulistyo.

Selesai ibadah KKR, kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial berupa pembagian tas untuk anak sekolah, mapun pembagian sembako. Sungguh sesuatu yang sangat memberkati, imbuh pak Nanang nama paggilan Pdt. Nanang Nahum Sulistyo.

Oleh sebab itu, kata Pdt. Nanang, kami BPH Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya, mengucapkan terima kasih kepada bapak Gembala GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya bapak Pdt. Teguh Kurniawan, bapak Wakil Gembala Pdt. Hariadi Winantea, bapak Majelis Departemen Misi bapak Pdt. Roni Koesnohardjo, dan seluruh bapak/ibu Majelis GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya yang lain yang telah mendukung dan mensupport pelayanan kami.

Dan kepada para donatur, baik dari dalam maupun dari luar GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya, kiranya Tuhan memberkati. Apa yangg bapak/ibu tabur pasti tidak akan sia-sia, ujar bapak Nanang.
Sungguh pelayanan ini sangat berdampak baik kami, baik Departemen Misi maupun peserta Mission Trip, baik dari jemaat GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya, maupun jiwa-jiwa yang ada Desa Randu. Tuhan Yesus memberkati, kata Pdt. Nanang Nahum Sulistyo.

Hal senan juga disampaikan oleh bapak Herman Tjayadi, Ketua Departemen Misi GSJA Eben Haezer Suranaya. Ketika dimintai komentarnya, Ketua Departemen Misi GSJA Ambengan Surabaya ini mengatakan, bahwa kegiatan KKR dan Baksos di GSJA Sapikerep sungguh luar biasa dan sangat positif. Mereka merasa terberkati melalui Pelayanan Tim Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya, imbuh Pengusaha Batu Permata ini.

Puji Tuhan.., Tim Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya sangat solid, karena melayani dengan hati yang tulus dan penuh kasih. Dan tetap semangat melayani, dan terus kompak. Tuhan Yesus memberkati Tim Departemen dan para donator, ujar pemain Bulu Tangkis ini, sembari berharap program-program Departemen Misi kedepannya dapat berjalan dengan baik.

Sementara Ibu Pdt. Vemi Susanti Nuban, Gembala GSJA Sapikerep ketika dimintai komentarnya mengatakan, good job buat Tim Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya yang sudah menjadi berkat bagi kami di GSJA Sapikerep, Bromo. Bahkan menjadi dampak di lingkungan warga Suku Tengger Bromo, ujar Pdt. Vemi Susanti Nuban.

Gembala GSJA Sapikerep ini mengungkapkan, warga Suku Tengger Bromo yang hadir, mereka sangat senang dengan pujian dan penyembahan dan khotbah yang bernuansa Jawa. “Mereka mengatakan, kapan balik lagi untuk memuji Tuhan bersama, ujar Pdt. Vemi Susanti Nuban.

Untuk diketahui, pelaksanaan KKR dan Baksos ini adalah menindaklanjuti undangan dari Gembala GSJA Sapikerep Bromo, Ibu Pdt. Vemi Susanti Nuban yang dikirim pada tanggal 7 Januari 2022 bulan lalu, yang ditujukan kepada Bapak Pdt. Nanang Nahum Sulistyo, Gembala Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya.

Dan atas persetujuan Gembala/Wakil Gembala dan Majelis Departemen Misi GSJA Eben Haezer Ambengan Surabaya, terjadilah pelayanan Tim Departemen Misi di GSJA Sapikerep Bromo, yang dilakukan pada hari Minggu, 6 Februari 2022 kemarin. {Red}