Presiden RI Kunjungi Pembangunan Smelter PT. Freeport di JIIPE 

SURABAYA-Presiden Joko Widodo kunjungi  pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kecamatan Manyar, Gresik, Selasa (12/10/21).

Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan smelter di Manya Gresik akan menyerap banyak tenaga kerja.

“Tadi disampaikan Pak Menteri, bahwa ini dalam masa konstruksi saja akan ada 40.000 tenaga kerja yang bisa bekerja. Artinya, yang terbuka lapangan pekerjaan ini akan banyak sekali di Kabupaten Gresik dan di Provinsi Jawa Timur, belum nanti kalau sudah beroperasi,” ujar Presiden Jokowi, Selasa (12/10/2021).

Presiden mengatakan, smelter PT Freeport Indonesia di KEK JIIPE Gresik itu akan menjadi yang terbesar di dunia. Smelter itu diprediksi mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

“Bayangkan 1,7 juta ton, itu kalau dinaikkan truk yang kecil, biasanya bisa mengangkut tiga sampai empat ton, berarti berapa truk yang akan berjejer di sini. Kalau tiga ton saja, isinya tiga ton truk kecil itu, berarti ada 600.000 truk yang berjejer di sini bayangkan,” hitungnya.

Indonesia, kata Jokowi, memiliki cadangan tembaga yang sangat besar. Indonesia juga disebut masuk dalam kategori negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia.

Oleh karena itu, Jokowi berharap Indonesia tidak sekadar menjual tembaga dalam bentuk mentah.

“Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dengan menciptakan nilai tambah yang tinggi bagi ekonomi kita”, ingatnya pada hadirin. {JAcK}