Home / Berita / Transportasi / Pelabuhan / TPS Serahkan 1000 Paket Bantuan APD Untuk Tangani Covid-19

TPS Serahkan 1000 Paket Bantuan APD Untuk Tangani Covid-19

SURABAYA-Belum turunnya grafik pasien Covid-19 di Surabaya ini serta jumlah tenaga medis yang tertular oleh penyakit tersebut membuat penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sangat penting sebagai upaya untuk menurunkan risiko penularan penyakit infeksius ini, khususnya bagi para tenaga medis pada saat melakukan perawatan kepada pasiennya.

Sebagai bentuk dukungan PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) kepada para tenaga kesehatan yang terus bekerja di garda terdepan pada masa pandemi saat ini, TPS membagikan 1000 paket APD berupa baju hazmat lengkap dengan sarung tangan dan shoes cover, face shield serta masker medis kepada dua Rumah Sakit, yakni RS. Darurat Covid di Jl. Indrapura (RS. Kobagwilhan II Indrapura) dan RSAL dr. Ramelan yang merupakan RS rujukan penanganan Covid-19 di Surabaya.

Pemberian bantuan 500 paket APD diberikan langsung oleh Robby Dayoh, Direktur Teknik, kepada Kepala RS. Darurat Covid di Jl. Indrapura (RS. Kobagwilhan II Indrapura), Kolonel CKM dr. Khrisna Murti Sp. BS, pada Rabu (2/9). Dalam kesempatan tersebut dr. Khrisna Murti memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana prosedur penanganan pasien, fasilitas apa saja yang disediakan untuk pasien, serta kegiatan apa saja yang dilakukan pasien selama masa isolasi.

“Kunci kesembuhan dari pasien covid-19 ini adalah bahagia, karena kebahagiaan dapat meningkatkan imun”, ungkap dr. Khrisna Murti.

Pada kesempatan tersebut tim volunteer TPS juga berkesempatan bertemu dengan para dokter yang menangani pasien di RS. Kobagwilhan II Indrapura, salah satunya dr Nevy Sp.P. yang merupakan dokter spesialis paru. dr. Nevy menyampaikan pesan kepada para volunteer TPS untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, makan tidak bergerombol, jangan sampai ada klaster baru.

Robby Dayoh juga menyampaikan, bahwa TPS selalu menghimbau para pegawainya untuk mematuhi protokol kesehatan seperti selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan tidak bergerombol. Bahkan jam kerja untuk pegawai sudah mulai disesuaikan, area kerja telah lama di-setting berjarak, TPS juga telah menambah fasilitas dalam rangka mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 mulai dari penambahan fasilitas tempat cuci tangan, pengoperasian thermal imaging camera untuk cek suhu badan secara otomatis di area kantor dan area pelayanan kapal di terminal.

Pada Kamis (3/9), volunteer TPS yang dipimpin oleh Sekper TPS, Erika A. Palupi juga menyerahkan bantuan 500 Paket APD kepada RSAL dr. Ramelan Surabaya yang diterima langsung oleh kepala Farmasi, Letkol Sri Hardjono Apt.
Pesan yang sama juga disampaikan oleh Letkol Sri Hardjono Apt kepada para volunteer TPS, agar pegawai TPS selalu menjaga diri dan menjaga kesehatan, jangan sampai ada klaster baru di lingkungan Pelabuhan.

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial TPS, serta komitmen TPS untuk mendukung Pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19.

“Tenaga medis mempunyai tugas yang berat sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid, sehingga mereka harus mendapatkan perlengkapan kesehatan yang memadai untuk keamanan mereka”, imbuh Erika. {hms/JAcK}

 

 

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Peringati Hari Pelanggan Nasional, TPS Bagikan Suvenir Kepada Sopir Truk dan Kapten Kapal

SURABAYA– Sebagai memeriahkan dan kepedulian terhadap para pemakai jasa Kepelabuhanan, di  Hari Pelanggan Nasional ini, ...