Home / Berita / Transportasi / Pelabuhan / Pelindo III Beri Bantuan APD Untuk 7 Rumah Sakit

Pelindo III Beri Bantuan APD Untuk 7 Rumah Sakit

SURABAYA, {DETEKTIFNEWS.com}- Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyalurkan bantuan 1.500 Alat Pelindung Diri (APD) atau hazmat lengkap untuk 7 (tujuh) rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Surabaya dan Bali.

“Saat ini kami memfokuskan pada pemberian bantuan APD kepada para tenaga medis karena mememiliki risiko tertular cukup tinggi dan korban dari sisi tenga medis cukup tinggi,” kata Direktur SDM Pelindo III, Toto Heli Yanto di pada media, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, penanganan Covid-19 ini tidak akan maksimal jika para petugas medis yang menangani langsung para pasien tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang mampu melindungi mereka dari penularan penyakit tersebut.

“Kami menyadari bahwa tugas para tenaga medis cukup berat dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Mereka merupakan lini utama dalam penanganan para pasien Covid-19. Oleh karena itu, kesehatan mereka harus selalu terjaga dan terjamin, sehingga kami putuskan untuk memberikan dukungan atas tugas mereka dengan memberikan APD ini kepada mereka,” tegas Toto Heli Yanto.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Djoko Agus Purwanto, perwakilan dari RS Universitas Airlangga yang menjadi salah satu penerima bantuan tersebut mengatakan dalam masa penanganan pandemi Covid-19 ini pihaknya membutuhkan sedikitnya 5000 APD setiap minggunya untuk operasional penangangan pasien Covid-19.

Ia menambahkan, cadangan APD yang tersedia di rumah sakit sangat terbatas. RS Universitas Airlangga pun sangat berterima kasih kepada Pelindo III yang memberikan bantuan APD buat mereka. Apalagi, jenis APD yang diserahkan adalah APD Reusable sehingga bisa dipakai berulang kali.

“Kami akui, saat ini kami sangat kekurangan APD. Cadangan yang kami miliki tidak cukup untuk penanganganan jangka panjang Covid-19 di Jawa Timur yang jumlahnya terus bertambah. Setidaknya kami membutuhkan 5.000 APD setiap minggunya, sehingga bantuan APD yang diberikan kepada kami akan sangat berharga, sehingga kami para petugas medis bisa lebih tenang dalam bertugas,” kata Djoko yang juga Deputy Director of Finance and Resouces RS Universitas Airlangga.

Penerima bantuan adalah, Tujuh rumah sakit rujukan Covid-19 yang mendapat bantuan APD dari Pelindo III di antaranya adalah RS Universitas Airlangga dan RSUD Soewandhi Surabaya, sementara di Bali adalah RSUP Sanglah, RSUD Sanjiwani Gianyar, RSUD Kab. Buleleng, RSUD Tabanan, dan RSPTN Udayana Bali. Rumah Sakit tersebut dipilih oleh Pelindo III untuk lokasi penyerahan bantuan karena merupakan rumah sakit rujukan terakhir yang khusus menangani pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah masing masing. {JAcK}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Pelindo III Membenarkan SSm dan JI di Dua Pelabuhan, Menurunkan Biaya Lgistik dan Menekan Dwelling Time

SURABAYA-Direktur Operasi PT Pelindo III Putut Sri Muljanto membenarkan, bahwa penerapan mandatori single submission (SSm) ...