Home / Berita / Headline / Penggugat Bank BCA dan Citraland Kecewa, Hakim Dan Panitera Tunda Sidang
Pengacara penggugat dan Ahli diluar ruangan sidang menegur panitera pakai jas hitam baju putih

Penggugat Bank BCA dan Citraland Kecewa, Hakim Dan Panitera Tunda Sidang

DETEKTIFNEWS.com: Beduar Sitinjak, SH

PN SURABAYA, Munculnya dugaan ‘Konspirasi’ antara tergugat dengan oknum Panitera Pengganti pada Pengadilan Negeri Surabaya sangat dirasakan pihak penggugat, Ketika diungkapkan penggugat didepan sejumlah awak media, Saat sidang yang ditunggu berjam jam tepatnya Selasa,(2/7) Namun batal digelar.
Pihak penggugat Bank BCA dan PT. Citraland kecewa Yakni Jeki Messagh dinilai sangat beralasan, Pasalnya, Saksi Ahli yang didatangkan jauh jauh dari Jakarta namun sidang pun tidak jadi dilaksanakan, Dengan alasan majelis hakim ketua mengatakan didepan pihak penggugat bahwa informasi dari Panitera Pengganti Cemeng (Nyoman) menyampaikan jika ahli dikatakan tidak hadir.
Dimana, Sebelum hakim membatalkan persidangan agenda mendengarkan keteranga ahli, beberapa menit sebelumnya panitera tersebut baru saja ketemu dengan ahli yang akan dihadirkan penggugat di depan ruang sidang dengan disampaikan panitera kepada ahli sebagai pesan disuruh menunggu 5 (Lima) Menit. Sehingga saat panitera sempat masuk dalam ruang sidang tidak jadi digelar
Dugaan kebohongan seorang panitera pengganti ini terungkap ketika pihak penggugat atau istri Jeki tiba tiba keluar dari ruang sidang garuda 1 beberapa menit kemudian setelah bertemu Saksi Ahli dan sambil menangis didepan beberapa wartawan karena kecewa atas pembatalan sidang yang disampaikan Hakim ketua Dede.

Karena tangisan pihak penggugat tersebut mengundang perhatian sejumlah awak media pengadilan serta membeberkan, Selanjutnya, Istri jeki dan pengacaranya Purnawan Lesman Wiratno S. MSTh. MA serta Prof.Dr.Ir.Brigjen (Purn).Bahriansah,SE,SH,MH,LLM sebagai Ahli berbagai bidang perkara yang sudah hadir di ruang sidang menunggu sejak sekitar pukul 12 sebelum sidang perkara nomor : 1155/Pdt.G/2018/PN Sby akan digelar pukul 13 Wib, dan yang sempat disampaikan panitera cemeng kepada hakim dede jika ahli dikatakan panitera tidak hadir maka tertundanya sidang tersebut.

“Bagaimana ini koq sidang dibatalkan dan hakimnya mengatakan karena ahli tidak hadir, padahal ahli yang kami datangkan dari jakarta sejak tadi ada diruang sidang, hakim bilang kalau paniteranya yang mengatakan tidak hadir, ada apa ini? Padahal sebelumnya kami sudah melapor kehadiran di bagian informasi, bahkan ahli ini juga (Penggugat menunjuk ke ahli.red) sudah berkomunikasi langsung dengan paniteranya”.ungkap pihak penggugat kecewa.

Lalu tidak berapa lama kemudian pasca berlangsungnya wawancara dengan wartawan, Panitera pengganti tersebut datang dan bertemu dengan pihak penggugat maupun ahli yang memiliki sertifikat ahli Perdata dan Pidana juga Perbankan tersebut menjelaskan, Saat disaksikan sejumlah wartawan untuk menyampaikan bahwa ada Miskomunikasi.

“Ini ada miskomunikasi saja (Terjadi Kesalahan komunikasi)”, beber ahli.

Untuk diketahui, Jika pihak penggugat menyampaikan kekecewaannya akibat sidang dibatalkan karena panitera mengatakan sidang pekan depan agenda dilanjutkan kesimpulan, Padahal penggugat dan pihak tergugat seperti pihak Bank BCA Cabang Galaxy dan Pengembang Perumahan CitraLand yang diwakilkan Legal Hukumnya, sebelumnya sama sama sudah bertemu juga dengan panitera pengganti, Selain itu juga Ahli sempat mengungkapkan bahwa jika perkara gugatan dipengadilan harus dihadiri kuasanya seorang pengacara Profesional dan bukan sebagai Legal Hukum Perusahaan, Seperti tertuang pada Undang Undang RI No 18 Tahun 2003 Tentang Advokat.

Namun kabarnya diduga para pihak kuasa tergugat tersebut sesuai informasi diperoleh bukan merupakan sebagai Pengacara Profesional yang sebagaimana sebelumnya harus sudah disumpah terlebih dahulu di Pengadilan Tinggi dan juga memilik ID Card Asosiasi Advokat.

Sementara itu, Persidangan ini sudah berjalan beberapa kali agenda, Sehingga belum diketahui kepastian peraturan di Pengadilan Negeri Surabaya ini sebagaimana persyaratan untuk menjadi kuasa pihak perkara, yang tentunya pihak pengadilan melalui Panitera Muda Hukum yang menerima berkas persyaratan dari kuasa pihak tergugat dalam perkara ini apakah disampaikan kartu Berita Acara Sumpah (BAS) dari pengadilan tinggi dan ID Card Advokat, atau hanya sebagai Legal saja (Kuasa sementara dari Perusahaan).

Terpisah, Informasi lebih lanjutnya disampaikan Ahli Pidana dan Perdata maupun Perbankan Prof.Dr.Ir.Brigjen (Purn)Bahriansah, SE, SH, MH, LLM serta menyikapi terkait seorang Legal jika menangani perkara di pengadilan serta sangsi hukumnya. “Dalam menangani perkara perdata seorang kuasa dari pihak legal perusahaan tidak diperbolehkan bersidang di dalam pengadilan dan dapat diancam pidana 5 (Lima) tahun jika ada pelapor misal dilaporkan pihak penggugat”, tegasnya.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Tidak Benar RS Ikut Menganiaya Seorang Kakek MS Diajibata

  Hak Jawab/Klarifikasi Seperti diketahui Pemberitaan Detektifnews.com yang di relis Batara Sirait (BS) Anak korban ...