Home / Berita / Umum / Pembentukan BPD Desa Gending, Diduga Melanggr Perbup No. 17 Thn 2018

Pembentukan BPD Desa Gending, Diduga Melanggr Perbup No. 17 Thn 2018

PROBOLINGGO-{DETEKTIFNEWS.com}
Pelaksanaan penyaringan Calon anggota BPD desa Gending pada Senin ( 22/4 ) bertempat di balai desa Gending, terkesan tidak membuahkan hasil yang sempurna. Karena di duga melanggar Perbup No. 17 Tahun 2018.

Informasi yang di Himpun wartawan dari Masyarakat di duga tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan khususnya yang menyangkut tentang Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) yaitu Perbup nomor 17 tahun 2018 pasal 9 sudah sangat jelas dengan banyaknya 4500 Penduduk Hanya bisa Merikrut 7 Kandidat namun ada 1 Calon yang di paksakan masuk Oleh Kepala desa Gending untuk ikut Kontes tersebut sehingga di duga melebihi kapasitas , kegiatan yang harus dilakukan oleh panitia Penjaringan dan penyaringan daripada anggota BPD baru harus Prosedural. Harapan kami Pembentukan BPD harus di Ulang sesuai Perbup No 17 Tahun 2018 tertang keterbukaan informasi Publik, pintanya.

Sementara 8, Kandidat antara lain;
– Sugiyono
– Agus Bidiono
– Indra
– Wito
– Tosari
– Anwar S.
– M. Lutfi
– Hj Ruli

Warga memintak untuk menyusun kegiatan-kegiatan selanjutnya akan tetapi salah satu warga yang tidak mau di sebut namanya sempat kaget kok tahu-tahu sudah mengundang perwakilan masyarakat dari beberapa blog itu untuk langsung melakukan penunjukan anggota BPD baru, yang seharusnya diadakan pemilihan Sesuai dengan pasal 9  Perbup nomor 17 tahun 2018 tentang penjaringan Pendaftaran BPD.

Menurut H. Sunnadi Selaku peminpin Rapat Saat itu, pihaknya membenarkan akan ada pemilihan BPD di desanya, ketika di konfirmasi Wartawan di Rumahnya pihaknya mengaku kalau tidak Faham tentang Perbup yang sudah di tetapkan bahkan saya sudah mintak bantuan sama teman di kraksaan Kami melakukan ini semua berdasarkan kebijakan dari kepala Desa, ucapnya.

Seperti yang disebutkan dalam pasal 9 enggak ada semua tidak dilakukan oleh panitia tahu-tahu sudah mengundang beberapa orang itu yang saya kira juga tidak mewakili lapisan masyarakat untuk menentukan Siapa saja anggota PBB baru.

Dalam kesempatan ini panitia akan memeberikan peluang kepada masyarakat desa gending kepada adik-adik kita kepada pemuda untuk berkarya membangun desanya dengan istilahnya menjadi calon apa menjadi anggota BPD. Masyarakat mintak proses ini harus diulang kembali sesuai dengan tata urutan kegiatan sebagaimana tersebut dalam pasal 9 Perbup nomor 17 tahun 2018.

Panitia harus mensosialisasikan menentukan wilayah sesuai dengan kepadatan penduduk, di sisi lain sudah jelas melakukan penyaringan dan Penjaringan harus melakukan pengumuman kepada masyarakat.
sebagainya untuk proses penyaringan nya panitia juga harus melakukan secara prosedur dan ketentuan Ijazah Min SMP, dan juga dengan tes wawancara. (Tim)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Sesosok Mayat Bayi Ditemukan di Toilet  RS Muji Rahayu

SURABAYA, {DETEKTIFNEWS.com}Sesosok- mayat bayi ditemukan di dalam toilet Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Muji ...