Home / Berita / Transportasi / Pelabuhan / KM Gerbang Samudra I Ditarik Kelokasi Aman, KN Grantin Milik PLP Lakukan Pengamanan
KN Grantin P 211milik PLP Tanjung Perak melakukan pengawasan dan pengamanan di lokasi

KM Gerbang Samudra I Ditarik Kelokasi Aman, KN Grantin Milik PLP Lakukan Pengamanan

SURABAYA, {DETEKTIFnews.com}–KM Gerbang Samudra I telah ditarik Kesyahbandaran Tanjung Perak ketitik lokasi aman. Namun, penarikan itu untuk dikandaskan dilakukan pendinginan karena badan Kapal masih mengeluarkan asap yang sudah selesai meredamkan Api.

Sedangkan keberadaan operasional Kapal patroli KN Grantin P. 211 milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak turut melakukan pengamanan bangkai kapal KM Gerbang Samudra I pasca terbakar, mulai minggu (2/12-2018 sampai kegiatan berlanjut Selasa (4/12-2018) . Hal itu dilakukan sebagai upaya pengamanan alur pelayaran APBS dari lalulintas kapal dan kemungkinan terjadinya penjarahan muatan yang tersisa dalam Kapal.

Setelah dilakuan penarikan Kapal yang terbakar tersebut, posisi saat ini KM Gerbang Samudra I di posisi 3 mil dari Karang Jamuang pengandasan dengan keadaan aman.

Ka. Subsi Operasi PLP Nasir Atamimi, SH didampingi Komandan kapal patroli KN Grantin P. 122 Operasi PLP Capt. M. Firmawan mengatakan, pengawasan dan pengamanan yang kami lakukan, karena
posisi Kapal saat ini, ada di alur makanya perlu penjagaan untuk keselamatan pelayaran kapal yang melintas di alur itu. Juga untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penjarahan barang-barang yang ada di kapal sesuai SOP.

“Saat ini posisi dan kondisi Kapal sudah ditarik serta di kandaskan dengan aman, tetapi untuk menjaga kemungkinan adanya tangan-tangan jahil maka kita lakukan penjagaan,” ujarnya saat meninjau lokasi bersama wartawan, Selasa (4/12/2018).

Lanjut Firmawan, posis Kapal itu berada di area aman di sebelah Barat 3 mil Karang jamuang, yang sebelumnya saat dilakukan pemadan oleh TB GSS 01 milik PT Gerbang Samudra Sarana pagi tadi sekira pukul 06.00 sampai 08.00 WIB tidak dirasa bangkai kapal KM Gerbang Samudra I sempat larat 6 mil ke utara mendekat bouy 5 dari posisi semula.

“Setelah dirasa larat maka TB GSS segera mengandengnya kembali untuk dikembalikan posisi awal dan ditempatkan 0.5 mil dari posisi semula atau 3 mil dari Karang Jamuang saat ini,” jelasnya.

SAR masih melakukan penyisiran di area kejadian terbakarnya KM Gerbang Samudra I

Selanjutnya, dari hasil pembicaraan dengan TB GSS, jam 15.00 WIB rencana akan dilakukan pendinginan kembali terhadap seluruh badan KM Gerbang Samudra I yang sudah gosong akibat lalapan si jago merah, Ahad (01.00) dini hari kemarin.

Tambah Kasubsi Operasi Pangkalan LPL Kelas II Tanjung Perak, Nasir Attamimi, SH dalam melakukan pengawasan dan penjagaan terhadap bangkai kapal KM Gerbang Samudra I di tempat lego jangkar, pangkalan PLP Tanjung Perak mengerahkan tiga armada kapal patroli, yaitu KN Grantin, KN 371 dan KN 329.

“Kapal patroli tersebut, akan melakukan penjagaan dan pengawasan secara bergantian di sekitar lokasi kapal KM Gerbang Samudra I, dengan melakukan patroli selama 7 hari kedepan dari hari pertama kejadian sesuai SOP”, tegasnya. {Jak}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

PT Freeport Indonesia Lanjutkan Proyek Smelter 100 Hektare di Kawasan JIIPE

GRESIK-PT Freeport Indonesia di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Manyar, terus melanjutkan ...