Home / Berita / Umum / Wabup Samosir Buka Rapat Kerja Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Wabup Samosir Buka Rapat Kerja Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

SAMOSIR, {DETEKTIFNews.com}-Pemkab Kab. Samosir melaksanakan Rapat Kerja Tim Terpadu dalam upaya penanganan konflik sosial di Kabupaten Samosir yang di ikuti oleh 30 peserta anggota terpadu penanganan Konflik Sosial Kabupaten Samosir, yang di adakan di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (18/10-2018).

Dilansir dari samosirkab.go.id, Kakan Kesbangpol Paris Manik dalam laporannya menyampiakan, untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pemilu PILPRES (Pemilihan Presiden) dan PILEG (Pemilihan Legislatif) yang berlandas peraturan Menteri dalam Negri no 42 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan kordinasi penanganan konflik sosial yang bertujuan untuk membahas berbagai isu dan informasi yang berpotensi mengancam keamanan dan problem sosial di masyarakat.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Juang Sinaga mengatakan, sangat menyambut baik rapat ini, terlebih seperti yang kita ketahui dimana menjelang pilpres dan pileg dinamika politik semakin tinggi. Terlebih kepada pileg di Kabupaten Samosir selama masa kampanye diharapkan jangan membawa issue negatif (HOAX) yang dapat menimbulkan konflik sosial di masyarakat.

Diharapkan kepada tim terpadu agar senantiasa mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan penanganan konflik sosial, melakukan pemetaan potensi gangguan keamanan termasuk yang disebabkan oleh kepentingan politik , merespon dengan cepat setiap informasi yang berkaitan dengan gangguan keamanan yang dapat menyebabkan terjadinya konflik dan kekerasan, menyusun rencana aksi penanganan konflik sosial di Kabupaten Samosir.

Lebih lanjut disampaikan kepada tim, agar meningkatkan kewaspadaan dan lakukan pencegahan dini, berkoordinasi kepada Pemerintah Daerah jika ada gejala ancaman yang dapat mengganggu keamanan dan ancaman terjadinya konflik di masyarakat.

Ikut serta memberikan pencerahan (Informasi Pasti) kepada seluruh masyarakat agar sampai menjelang pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres situasi aman, damai dan tetap kita jaga sampai Pesta Demokrasi berjalan dengan lancar, ujarnya.

Dalam rapat turut hadir, Kajari Samosir Budi Herman, Kapolres Samosir Agus Darojat, Pabung 0210/TU J.Aritonang, Ketua KPU Fernando Sitanggang, Panwaslu Samosir, Asisten I Mangihut Sinaga dan Tim Terpadu Penanganan Konflik Kabupaten Samosir. {Jak}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Koramil 0824/27 Jombang Bersama Aparat Terkait, Tak Kenal Hari Libur Terus Sosialisasi dan Awasi Kedisiplinan Masyarakat

JOMBANG-Tidak mengenal hari libur, pada Minggu 27/12/2020, Koramil 0824/27 Jombang bersama aparat terkait terus melakukan ...