Home / Berita / Headline / Kapolda Jatim Hadiri Rapat, Bahas Pengamanan Lebaran di Masa Pandemi Covid 19

Kapolda Jatim Hadiri Rapat, Bahas Pengamanan Lebaran di Masa Pandemi Covid 19

SURABAYA-Gubernur Jatim Dra. Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim melaksanakan rapat via Zoom bersama Menko Polhukam Prof. Machfud MD bertempat di Gedung Negara Grahadi. Senin, 18 Mei 2020.

Kehadiran Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Muhamad Fadhil Imran, M. Si dalam kegaiatan itu didampingi oleh Pejabat Utama Polda Jatim dan Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K.

Rapat itu membahas percepatan penanganan covid dan terkait pengamanan dalam menghadapi rangkaian giat masyarakat tentang Lebaran maupun Idul Fitri pekan depan ini dan bahkan pelaksanaan rapat tersebut melalui aplikasi Zoom Meeting yang terkoneksi juga dengan Mabes Polri.

Lebih lanjut disampaikan oleh Menko Polhukam menyampaikan, bahwa terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Mudik Lebaran yang pada hasil kesimpulannya, bahwa
giat keagamaan yang berpotensi berkumpulnya massa dan secara masif tidak diperbolehkan, baik ditinjau dari Permenkes RI dan Perpres RI.

Sehingga disampaikan lebih lanjut, bahwa Sholat Idul Fitri agar dilaksanakan dirumah saja dan oleh karena itu, TNI – Polri dan Muspida, agar menggandeng para Ulama dan Tokoh Masyarakat agar melakukan himbauan secara masif kepada masyarakat.

Apabila nanti ada yang memaksa untuk melaksanakan Sholat itu, maka dengan terpaksa supaya dihimbau untuk memperhatikan Protokol Kesehatan dan Protokol pencegahaan covid 19 secara ketat kepada para Jamaah.

Selanjutnya Mendagri Prof. Tito Karnavian memberikan arahan terkait Sholat Idul Fitri itu dilarang, karena sifatnya massal, seperti apa yang disampaikan oleh Menko Polhukam tersebut.

Oleh karena itu para Kepala Daerah telah mengeluarkan Surat Edaran untuk segera disosialisasikan kepada masyarakat dan juga mengingat,karena saat ini masih pandemi covid 19 yang sifatnya Global.

Bahkan menurut Menteri Agama menjelaskan, terkait Sholat Idul Fitri. Apalagi Kementrian Agama seminggu yang lalu menghimbau, yang isinya “Mari melaksanakan Sholat Idul Fitri dirumah bersama keluarga saja”.

Kapolri juga memberikan arahan, bahwa sependapat dengan Menteri Agama, terkait Kebijakan dengan pemerintah pusat, yaitu agar pemerintah maupun daerah menggandeng para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk itu dihimbau secara masif.

Sehingga Polri maupun TNI yang melalui Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa saat ini telah melakukan himbauan kepada masyarakat sampai tingkat desa,” ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. {BERTUS/BS}

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Setelah Singkirkan Direktur Utama Pelindo III, Erick Thohir Mencopot Dirut Pelindo I

JAKARTA-Setelah menyingkirkan Direktur Utama dan beberapa Direktur Direksi Pelindo III, Menteri BUMN Erick Thohir juga ...