Home / Berita / Umum / Koramil 0820-16/Paiton : Sejak Awal Puasa Sampai Kini Tidak Pernah Putus Berbagi Takjil

Koramil 0820-16/Paiton : Sejak Awal Puasa Sampai Kini Tidak Pernah Putus Berbagi Takjil

PROBOLINGGO-Sejak awal berpuasanya umat Muslim pada hari ketiga maka dimulailah kegiatan pembagian takjil bagi masyarakat pengguna jalan. Apa yang dikatakan Danramil 0820-16/Paiton Kapten Inf Edy Sutomo pada saat itu ternyata dibuktikan sama seperti ucapannya dengan menyiapkan setiap hari makanan pembuka “takjil” bagi pengguna jalan raya didepan kantornya.

Setiap harinya selalu tersedia kotakan makanan berisi air mineral dan makanan ala kadarnya pembatal puasa. “Membantu bagi umat Islam yang menjalankan puasa untuk menyegerakan berbuka disaat waktu berbuka tiba”, ucap Kapten Inf Edy Sutomo. Hanya sedikit berbagi bersama warga, bila digunakan untuk warga sekitar maka akan terjadi kesenjangan dan terasa tidak adil namun bila diperuntukan bagi pengguna jalan raya maka menjadi acuan yang jelas dan belum tentu juga pada hari dan waktu yang berbeda namun orang yang sama, terang Danramil Paiton yang sudah menjabat sekitar 2 tahun ini.

Bukan berarti bagi warga yang ada disekitar tidak diperkenankan. Sekali atau dua kali ada pula dari warga sekitar serta tentunya turut diberi walau saat itu bukan dalam berkendaraan. Bagi Danramil Paiton, tidak harus menjadi kaku dalam pembagian takjil karena semuanya atas dasar keikhlasan. Sehingga murni atas keinginan diri dan mereka yang melakukan pembagian takjil adalah petugas piket koramil pada saat itu. “Sudah ada kesepakatan bersama sampai dengan hari terakhir puasa”, ditimpali Serma Agung, salah satu Babinsa yang pada saat itu Piket Koramil, ujarnya Jumat (24/05).

Bila ini terus berlanjut sampai akhir puasa maka menjadi lengkap sempurna apa yang dikatakan Danramilnya. Keinginan ini juga atas keinginan anggotanya dan baru terjadi pada puasa saat ini bila bisa memberi sebulan penuh. Langkah awal dengan harapan bisa menjadi cerminan sekaligus pola perilaku koramil yang bisa berlanjut menjadi suatu kebiasaan kedepannya. Tidaklah salah bisa menjadi contoh untuk koramil lainnya untuk melakukan hal yang sama atau bentuk lainnya yang bisa meringankan kesulitan masyarakat sekelilingnya ditempat tinggal atau kantor.
(to2k)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Menjelang Idhul Fitri, Kodim 0820/ Probolinggo Makin Tingkatkan Kewaspadaan

PROBOLINGGO, {DETEKTIFNEWS.com}-Dalam hitungan jari tangan saja, Hari Raya Idul Fitri akan kita songsong. Perayaan bagi ...